DPRD dan Pemkab Sumba Timur Diminta Perhatikan Fasilitas Operasional Polisi

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Untuk memperlancar dan meningkatkan pengamanan wilayah disuatu daerah, diminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Sumba Timur perlu memperhatikan keterbatasan fasilitas operasional Kepolisian Resort (Polres) Sumba Timur.

Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M.T. Silalahi ketika ditemui Jumat (9/3/2018) menjelaskan, minimnya fasilitas kendaraan operasional bisa menjadi hambatan namun dalam menjalankan tugas tidak menyurutkan semangat, tetap menjalankan tugas dengan ikhlas demi kenyamanan masyarakat.

“Jika dilihat selama beberapa tahun lalu sepuluh Polsek belum punya kendaraan operasional untuk patroli baru empat Polsek yang punya mobil operasional patroli sedangkan beberapa Polsek belum memiliki kendaraan operasional,”kata AKBP Victor.

Ia menambahkan, dalam menjalankan tugasnya seperti pengungkapan kasus-kasus di wilayah kerja anggotanya hanya menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan roda dua tentunya sangat membahayakan keselamatan anggota di lapangan.

“Jadi selama ini kalau ada kasus yang harus cepat ditangani terpaksa kita menyewa mobil atau motor kalau tidak pakai kendaraan sendiri, kalau kendaraan roda dua kan resikonya tinggi jika anggota hadapi kasus besar dan medan berat di wilayah itu,”tandasnya.

Sementara seorang tokoh pemerhati masyarakat Ferdinan menuturkan, untuk meningkatkan pengamanan disetiap wilayah di Sumba Timur perlunya fasilitas kendaraan operasional bagi polisi, ini tentunya Pemerintah Kabupaten bersama DPRD perlu memikirkan.

“Kita kan mau aman tapi kalau fasilitas operasional polisi kurang bagaimana mau aman, jadi pemeritah daerah dan DPRD harus perhatikan fasilitas operasional Polisi, jangan hanya urus proyek-proyek saja tapi keamanan dan kenyaman masyarakat tidak terjamin,”pungkasnya.