Pedagang Keluhkan Tinggi Bunga Pinjaman, BKH Janjikan Kredit Tanpa Jaminan

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
SoE, NTTOnlinenow.com – Bakal calon gubernur (Bacagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Benny Kabur Harman (BKH) mengaku prihatin dengan keluhan para pedagang di Pasar Inpres, SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Keluhan yang didapatkan dari para pedagang salah satunya perihal pinjaman dari koperasi dengan bunga yang dianggap besar dan tidak sesuai.

Sambil keliling pasar menyapa pedagang dan duduk sejenak sambil minum kopi, Benny K Harman yang sudah tiga periode duduk sebagai anggota DPR ini menerima curahan hati dan keluhan dari pedagang sayuran dan buah-buahan.

“Saya prihatin dan tergugah curhatan pedagang yang dinilai pinjaman bunga dari koperasi begitu besar hingga 30 persen,” kata Benny K Harman, usai bertemu dengan para pedagang Inpres Soe, TTS, Sabtu (10/2/2018).

“Bayangkan pedagang pinjam Rp. 1 juta, tapi menerimanya Rp. 900 ribu. Sudah itu mereka harus bayar hingga Rp. 1.200.000. Itu rata-rata keluhan para pedagang yang saya dapatkan,” lanjut Benny.

Atas keluhan tersebut, Benny menjanjikan pada programnya untuk masyarakat NTT, yakni memberikan Kredit Tanpa Jaminan. Tujuan utamanya adalah agar para pedagang dengan mudah mendapatkan modal sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

“Program Kredit Tanpa Jaminan pinjaman adalah program unggulan pasangan Benny K Harman dengan Benny Litelnoni dimana masyarakat yang akan pinjam untuk usaha tanpa jaminan dan bunga,” tegasnya.

Benny menyatakan bersama pasanganya Benny Litelnoni akan terus berusaha dan membuat regulasi yang tepat agar masyarakat dapat berwirausaha tanpa beban dan pusing memikirkan bunga.

“Karena bilamana terus terjadi para pedagang selalu dihantui bunga dan bunga. Karena itu pasangan HARMONI akan memberikan solusi untuk pedagang bagaimana berwirausaha yang tenang dan baik,” paparnya.

Dalam rangkain kunjungan ke Kabupaten Timor Tengah Selatan, cagub yang diusung Partai Demokrat, PKS, PKPI melakukan berbagai kegiatan. Selain menerima dukungan dari masyarakat TTS, juga sekaligus silaturahmi dengan warga Manggarai yang berada di TTS dan juga melakukan deklarasi.

Tiga ribu warga hadir dalam kegiatan deklarsi sebagai dukungan dari masyarakat TTS. Sebelumnya Benny diterima di kediaman bacawagub Benny Litelnoni dengan dilakukan adat Natoni dan secara simbolis diberikan kain oleh Fransisca Letelnoni.