Klarifikasi Caleg Demokrat Gandeng Foto Kapolres Belu, Bawaslu : Bukan Aktifitas Kampanye

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Atambua-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belu memanggil Caleg Partai Demokrat Belu Viktor Motaain Nahak guna klarifikasi postingan kampanye digital hari pertama yang menggandeng foto Kapolres Belu.

Ketua Bawaslu Belu, Agustinus Bau dikonfirmasi media, Kamis 30 November 2023 menyampaikan bahwa, dari hasil klarifikasi bersama Caleg bersangkutan kemarin sore telah disimpulkan beberapa point.

Pertama, postingan itu bukan aktifitas kampanye melalui media sosial, tetapi hanya penyampaian motivasi dan niat pribadi yang disertai foto.

Kedua, foto Kapolres Belu di posting tanpa ijin Kapolres, hanya inisiatif pribadi.

Ketiga, foto Kapolres Belu dicopy dan digabungkan secara pribadi oleh Pak Viki tanpa seijin Kapolres.

Keempat, Kapolres Belu tidak pernah memberi dukungan dalam bentuk apapun kepada caleg, karena pada saat foto dimuat di akun medsos, Kapolres sementara mengikuti kegiatan Sentra Gakkumdu di Jakarta dan baru tiba pada hari Rabu 29-11-2023 siang.

“Tindakan terakhir Tim Gakkumdu adalah memberikan peringatan sekaligus teguran kepada yang bersangkutan,” ujar Agus Bau.

Saat ditanyai wartawan terkait keterangan Caleg dalam postingan apakah tidak mengandung unsur kampanye dijelaskan bahwa, kata-kata beliau dimaknai, beliau sedang menggambarkan atau menguraikan usaha-usaha pribadi yang telah dilakukan dan akan dilakukan untuk mendapat dukungan yang bentuknya atau wujudnya seperti dalam foto tersebut.

“Jadi bukan suatu ungkapan ajakan secara langsung kepada pemilih,” pungkas dia.

Diketahui, salah satu Caleg Partai Demokrat Dapil I Belu bernama Viktor Motaain Nahak melakukan kampanye digital dengan memasang foto kolase gandeng Kapolres Belu di media sosial.

Pantauan media ini, dalam kampanye digital sejak masa kampanye dibuka hari ini, Caleg Partai Demokrat itu membuat foto kolase yang berisi tujuh foto. Satu diantaranya terdapat foto Kapolres Belu yang sedang berdiri.

Postingan kampanye digital itu sendiri dimuat oleh akun Facebook Viktor Motaain Nahak, pada Selasa (28/11/2023) dan telah terpublis sekira tujuh jam lalu, saat berita diturunkan media ini.

Dalam keterangan postingan, akun tersebut menuliskan kalimat, Biarlah Masyarakat Yang Menentukan Pilihan,Saya Hanya Berusaha Semaksimal Mungkin Untuk Meminta Dukungan Dari Bapak/ibu,Saudara Dan saudari sekalian Yang Berada Di Daerah Pemilihan 1.Yang Meliputi,Kec.Kota Dan Atambua Selatan.

Dalam kampanye digital sejak masa kampanye dibuka hari ini, Caleg Partai Demokrat itu membuat foto kolase yang berisi tujuh foto. Satu diantaranya terdapat foto Kapolres Belu yang sedang berdiri.