Musrembang Kelurahan, Warga Rinbesi Usul Pembangunan Fisik dan SDM

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Warga Kelurahan Rinbesi, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste mengusulkan sejumlah pembangunan fisik dan SDM di Kelurahan Rinbesi.

Usulan tersebut disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan yang berlangsung di Kantor Lurah Rinbesi, Senin (29/1/2018).

Hadir dalam Musrembang yang digelar dalam setiap awal tahun di tingkat Kelurahan Rinbesi diantaranya, Lurah, Anggota DPRD Belu serta para pemangku kepentingan atau stakeholder Kelurahan.

Adapun usulan fisik yang disampaikan antara lain, pembangunan jalan setapak, peningkatan jalan lingkungan, pembuatan saluran air atau drainase, sumur gali atau bor, bak penampungan bak air, perluasan jaringan dan pemasangan meteran listrik, pembangunan bronjong, jalan usaha tani, tembok penahan dan gorong-gorong.

Pembangunan rumah layak huni rumah baru bagi RTM, rehabilitasi rumah tinggal, pengadaan mesin pencacah organik, pembangunan aula pertemuan, pagar kantor Lurah, peningkatan pencahayaan kota juga di jalan lingkungan dan perbaikan lapangan bola volley.

Tidak saja itu usulan lainnya, pengadaan kartu Jamkesda, pembangunan gedung dan pagar paud Mega Jelita, rehan RKB MTs Al Muthmainnah Atambua, pengadaan alat permainan edukasi dalam dan luar ruangan, insentif bagi kader posyandu juga jejaringan kelurahan siaga.

Pengadaan tempat tidur, spon, sorry dan tiang penyangga kaki tiga serta sarung model celana, pelatihan peningkatan kompetensi tutor Paud/TK tingkat dasar, peningkatan kapasitas kader lembaga kemasyarakatan kelurahan (LPM, RT, RW, TP PKK, Karang Taruna) serta pengadaan peralatan kesenian bagi sanggar kesenian dan budaya.

Terpisah Anggota DPRD Belu, Marthin Nai Buti yang hadir dalam Musrenbang Kelurahan Rinbesi menuturkan, MusrembangLur merupakan forum dialogis Pemerintah dengan pemangku kepentingan berembug menyusun program tahunan di tingkat Kelurahan.

Adapun tujuan Musrembang yakni menyepakati prioritas kebutuhan warga serta kegiatan yang termasuk urusan pembangunan yang menjadi wewenang Kelurahan, yang menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja SKPD Kelurahan.

Selanjutnya usulan warga dalam Musrenbang yang menjadi prioritas dalam pembangunan di wilayah akan diajukan ke tingkat Kecamatan dan akan dikawal hingga tingkat Kabupaten, sehingga semua usulan bisa terealisasi.