Cegah Penularan HIV Dari Ibu ke AnaK, Dinkes Kota Lakukan Tes Darah Bagi Bumil

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, tahun 2018 akan melakukan tes darah bagi ibu hamil (Bumil) dalam rangka deteksi dini penularan penyakit HIV, Hepatitis B dan Sifilis.

“Pelaksanaan tes bagi Bumil ini, akan segera dilaksanakan pada bulan Januari 2018 ini pada sarana dan prasaran kesehatan yang ada di kota ini, yakni sebanyak 11 Puskemas dan 39 Pustu,” kata Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsi kepada wartawan saat ditemui di kantor Dinas Kesehatan Kota Kupang, senin (22/1/2018).

Menurutnya, dalam tes darah bagi Bumil ini ditargetkan jumlah Bumil yang di periksa 2018 sebanyak 5.114 Bumil atau 50 persen dengan sasaran Bumil 10.228 Bumil.

Baca juga : Dinsos Kota Kupang Siap Salurkan Rastra Kepada 16.740 RTS

“Dalam tes darah bagi Bumil sudah dilaksanakan selama dua tahun terakhir yakni pada tahun 2016 ditargetkan 2.046 atau 20 persen, dan tahun 2017 ditargetkan 3.068 atau 30 persen,” katanya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan tes darah bagi Bumil ini, telah dilakukan sosialisasi pelaksanaan skrining HIV pada Bumil kepada tenaga medis Puskesmas dan juga surat pemberitahuan kepada kepala Puskesmas se Kota Kupang tentang pelaksanaan skrining HIV pada Bumil.

“Hal ini perlu dilakukan, karena dalam pencegahan HIV ini, sesuai PP Nomor 2 tahun 2018 jadi tanggungjawab pemerintah daerah, sehingga sebagai instansi teknis yang berada di daerah wajib melakukan skrining, dengan tujuan pencegahan dini punularan ibu ke anak,” tutupnya.