Dinas PUPR Dukung Rencana Walikota Datangkan Aspal Dari Australia

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Rencana pemerintah Kota Kupang mengimpor aspal jenis hotmix dari negara Australia untuk pekerjaan jalan di Kota Kupang, disambut baik Dinas PUPR di Kota Kupang. Menurutnya kualitas aspal yang ditangkan dari australia merupakan salah satu jenis aspal terbaik di dunia, sehingga niat Walikota Kupang bekerjasama dengan Australia dinilai sangat baik

Kepada wartawan di ruangkerjanya, Jumat (19/1/18) Kepala Dinas PUPR Kota Kupang, Beni Sain mengatakan, dirinya sudah pernah dipanggil Walikota Kupang terkait rencana tersebut, dan selaku Kepala Dinas dirnya mendukung rencana tersebut, karena Aspal yang didatangkan dari Australia mutunya sangat bagus, dan harganya lebih murah pula.

Beni mengaku dengan menggunakan material aspal dari Australia tentu pemerintah akan menghemat anggaran yang cukup besar, sebab harganya hanya sebagian dari Aspal Standar Bina Marga yang dibuat laboratorium PUPR di Bandung. Untuk itu niat tersebut sebagai langkah efesiensi anggaran, agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain, sebab APBD Kota Kupang masih sangat terbatas.

Ketika disinggung apakah suda ada koordinasi antara dinas PUPR dengan perusahan pengimpor aspal dari Australia, beni mengaku belum ada koordinasi secara langsung dengan perusahan tersebut. Hanya saja sesuai rencana perusahan tersebut dalam waktu dekat akan membuat proyek percontohan di Kota Kupang, agar pemerintah bisa melihat langsung keunggulan dari produk tersebut.

“Setahu saya ada tiga perusahan besar di dunia yang memproduksi aspal terbaik didunia, yaitu Amerika, Inggris, dan Australia. Mudah-mudahan pemkot Kupang bekerja sama dengan perusahan yang memproduksi aspal terbaik di Australia,” kata Beni

Ia mengaku jika perusahan tersebut jadi membuat proyek percontohan, maka dinas PUPR akan meminta agar proyek tersebut berlokasi di Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Kelapa Lima.

Baca juga : KPU Nyatakan Dokumen Balon Gubernur dan Wagub NTT Lengkap

Sebelumnya, Walikota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan, untuk meningkatkan kualitas jalan di Kota Kupang, pemerintah Kota Kupang berencana melakukan kerjasama dengan perusahan asal Australia untuk pengadaan material aspal, untuk pekerjaan jalan di Kota Kupang. Namun sebelum kerjasama itu dilakukan pemerintah akan melihat dulu material yang digunakan, dengan melakukan proyek percontohan dibeberapa ruas jalan di Kota Kupang yang mengalami kerusakan.

“Saya mendapat kabar bahwa dalam beberapa pekan kedepan perusahan asal Australia tersebut akan datang di Kota Kupang, bersama material yang akan dipakai untuk melakukan proyek percontohan di Kota Kupang,” Kata Walikota.

Jefri mengatakan, material aspal yang bakal di impor dari Australia, harganya lebih murah jika dibandingkan aspal hotmix produksi lokal. Bahkan bisa disebut jauh lebih murah, namun hasilnya jauh lebih kuat. Bahkan material ini sudah digunakan dibeberapa belahan dunia lainnya, seperti Di Benua Afrika, dan beberapa negara di kawasan Asia.

“Kami sudah mendapat brosur soal material tersebut, dan melalui browsing di internet, nampak material itu cukup bagus. Hanya saja, kami tidak percaya begitu saja keunggulan yang ditampilkan melalui iklan. Kami butuh melihat langsung kualitas produksi tersebut, baru kami memikirkan untuk melakukan kerjasama,” kata Jefri.

Jefri mengaku, dirinya bertekat berbuat yang terbaik untuk Kota Kupang, dan dirinya tidak mau membangun Kota Kupang dengan asal-asalan dan terkesan asal jadi, dan dirinya berkomitmen untuk menggunakan material terbaik untuk setiap pembangunan infrastruktur yang ada, sehingga pembangunan yang dihasilkan bermutu baik, bermanfaat, dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

“Saya tidak mau bangun hari ini besok rusak lagi, kemudian dianggarkan lagi. APBD kita sangat terbatas dan butuh perencanaan yang baik dalam membangun sarana infrastruktur,” ujarnya.