Tiga Paket Cagub – Cawagub Daftar Hari Pertama ke KPU NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Tiga paket atau pasangan calon gubernur (Cagub) – calon wakil gubernur (Cawagub) mendaftar pada hari pertama pembukaan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/1/2018).

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Esthon Foenay – Christian Rotok (Paket Esthon – Chris) menjadi pasangan pertama yang mendaftar sebagai kontestan Pilgub NTT di KPU NTT, Senin pagi sekira pukul 09.00 Wita. Pasangan ini diusung Partai Gerindra dan PAN.

Disusul pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Benny Kabur Harman – Benny Alexander Litelnoni (Paket Harmoni) yang diusung tiga partai politik yakni Partai Demokrat, PKP Indonesia dan PKS pada pukul 11.00 Wita.

 

Sedangkan yang mendaftar terakhir di hari pertama ialah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Marianus Sae – Emelia Julia Nomleni yang diusung koalisi kerakyatan terdiri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga : Marianus Sae Janji Teruskan Pemberian Tunjangan Kesra Bagi ASN

Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe menegaskan, pihaknya langsung memeriksa dokumen pendaftaran yang dimasukan ke KPU. Terdapat lima dokumen yang harus dilengkapi, yakni memenuhi syarat 13 kursi DPRD NTT, dukungan paslon yg ditandatangani oleh ketua umum parpol, keputusan parpol tentang kepengurusan tingkat provinsi, surat pernyataan kesepakatan koalisi parpol, serta surat pernyataan kesepakatan gabungan parpol.

“Untuk syarat calon baru akan diteliti pada tanggal 10-16 Januari 2018,” kata Maryanti.

Sedangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat – Yoseph Nai Soi (Paket Victory – Josef) yang diusung Partai NasDem, Golkar, Hanura dan PPP baru akan mendaftar di hari terakhir pendaftaran yaitu pada tanggal 10 Januari 2018.