Banyak Kursi Dewan Kosong Hiasi Penutupan Sidang III DPRD 2017

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebagian besar kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kosong saat penutupan sidang III DPRD Kabupaten Belu tahun 2017, Senin (11/12) malam.

Sesuai pantauan media, dari jumlah 30 kursi dewan hanya terdapat 11 kursi yang terisi atau ditempati Anggota Dewan. Sementara itu 27 kursi kosong tanpa diduduki Anggota lainnya karena tidak hadir. Padahal pada pembukaan sidang sejak siang hingga jelang penutupan seluruh Anggota hadir.

Penutupan sidang III tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Januaria Awalde Berek. Selain Ketua Dewan dimeja Pimpinan hadir Bupati Belu, Wakil Bupati serta Wakil Ketua II DPRD Belu.

Sementara itu Sekda Belu terlihat duduk bersama Danyon RK Yonif 744/SYB di tempat undangan serta para Pimpinan OPD Belu. Meski banyak Anggota Dewan yang tidak hadir, Ketua Dewan Awalde tetap membuka kegiatan penutupan sidang tersebut.

Baca juga : Paripurna, DPRD Belu Sahkan 7 Buah Peraturan Daeran 2018

Ketua DPR Awalde saat dikonfirmasi media usai penutupan sidang terkait banyak anggota yang tidak hadir mengakui bahwa sebagian besar anggota tidak ikut dalam penutupan sidang.

Dikatakan, terkait hal tersebut kita mengacu pada daftar hadir ada 25 orang. Diperjalan memang ada anggota yang seperti tadi kondisinya kurang fit. Mungkin karena mengikuti sidang sejak siang.

“Kami mengacu pada daftar hadir ada 25 orang. Ditengah jalan ada yang kondisinya kurang fit. Tapi prinsipnya saya pegang dokumen kehadiran 25 orang dan itu yang kita pakai,” ujar dia.

Lanjut dia, dalam sidang tadi Dewan telah menetapkan 7 Perda 2018, enam Perda yang diusulkan Pemerintah itu ada satu Perda induk dan satu Perda Inisiatif DPRD. “Untuk postur anggaran, sampai kemarin yang kami evaluasi belanja publik masih diatas belanja pegawai,” ujar Awalde.