Lagi, FP4 Dilumil-Belu Terima Penghargaan Ikon Pancasila UKP-PPI

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua,NTTOnlinenow.com – Untuk kedua kalinya Forum Pemuda Pelopor Pembangunan Perbatasan (FP4) Dilumil di Desa Lamaksanulu, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL menerima penghargaan Ikon Pancasila tahun 2017 dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PPI).

“Tanggal 28 November kemarin kami dapat lagi penghargaan Ikon Pancasila. Ini yang kedua kalinya dan ini satu kebanggaan untuk kami pemuda pelopor perbatasan Dilumil,” Ketua FP4 Dilumil, Bonifasius Mau Taek yang dihubungi, Kamis malam (30/11/2017).

Menurut dia, penghargaan Ikon Pancasila dari UKP-PPI diterima hari Selasa 28 November kemarin di Aston Hotel Kupang. Bersamaan juga beberapa instansi Pemerintah mendapat penghargaan, namun untuk forum pemuda hanya FP4 Dilumil dari Kabupaten Belu.

“Yang menyerahkan piagam penghargaan dan plakat Pak Yudi Latif selaku Ketua UKP-PIP. Untuk pemuda hanya dari kita Kabupaten Belu saya bersama dua anggota FP4,” tutur Boni.

Dijelaskan, penghargaan Ikon prestasi Indonesia kategori diberikan atas keterlibatan secara aktif dalam mengimplentasi nilai-nilai Pancasila seperti kegiatan Bela Negara dan kegiatan sosial lainnya di wilayah tapal batas negara Indonesia dan Timor Leste.

Baca juga : Kadis Perdagangan : Perdagangan Ilegal Paling Menggiurkan Adalah Miras

Dikatakan, dua piagam penghargaan Ikon Pancasila dari UKP-PPI yang diterima FP4 mengharumkan nama Kabupaten Belu. Oleh karena itu diharapkan, ke depan Pemerintah Kabupaten Belu dapat mengakui dan mengesahkan keberadaan Forum ini.

“Kami minta agar Pemkab mengesahkan Forum Pemuda Pelopor Pembangunan Perbatasan Dilumil sebagai organisasi kepemudaan yang sah dengan mengeluarkan surat keputusan dan akta notaris,” pinta Boni.

Selain iti juga, Pemkab Belu dapat menggarkan dana untuk pembangunan Sekretariat FP4, serta dukungan lain dalam rangka pembinaan, pemberdayaan, kewirausahaan serta kepeloporan yang bertahap dan berkelanjutan.

“Kami juga sangat mengharapkan dukungan dari segenap stakeholders di daerah. Sehingga visi misi dan program kerja yang telah dicanangkan pemuda, dalam rangka mendukung program pembangunan nasional di daerah dapat terwujud,” ujar Boni.

Untuk diketahui, Forum Pemuda Pelopor Pembangunan Perbatasan Dilumil di Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL merupakan binaan Satgas sebelumnya Yonif Raider 641/Beruang.

Forum tersebut sebelumnya telah mendapat penghargaan Ikon Pancasila tahun 2017. Ikon prestasi Indonesia kategori wirausahawan sosial dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PPI) diterima pada tanggal 21 Agustus lalu di Jakarta Convention Center (JCC).