Penerbangan Perdana Kupang- Dili Ditunda

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Penerbangan rute Kupang- Dili, Timor Leste yang akan dilayani maskapai penerbangan milik PT Garuda Indonesia dengan jadwal penerbangan perdana pada 15 November 2017 ditunda pelaksanaannya karena masih ada persoalan administrasi yang harus diselesaikan kedua negara.

Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Ardu Jelamu sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Selasa (15/11/2017).

Marius mengatakan, terkait penundaan penerbangan perdana dimaksud, manajemen PT Garuda Indonesia telah memberikan keterangan resmi. “Penerbangan perdana dijadwalkan pada Februari 2018 sambil menyelesaikan administrasi yang belum tuntas,” katanya.

General Manager PT Garuda Indonesia Cabang Kupang, Kokoh Ritonga sebelumnya menjelaskan, penerbangan perdana Kupang- Dili yang dijadwalkan pada 15 November 2017, ditunda karena masih ada proses administrasi yang harus diselesaikan Indonesia dan Timor Leste.

Baca juga : Penerbangan NTT – Timor Leste Terkendala Slot Time

Padahal terkait penerbangan perdana dimaksud, lanjutnya, sejumlah staf teknik Garuda sudah berada di Timor Leste untuk mempersiapkan semuanya. Bahkan sejumlah instruktur Garuda sudah berada di Kota Dili untuk menyiapkan dimulainya penerbangan perdana tersebut.

Selain itu, sejumlah peralatan pesawat Garuda Indonesia juga sudah dibawa ke Kota Dili dan ditempatkan di kota itu jika memang sudah ada kesepakatan soal penerbangan.

“Rute penerbangan Kupang- Dili tetap dilayani. Penerbangan perdana akan dilakukan pada Januari atau Februari 2018 mendatang,” ungkap Kokoh.

Dia menyampaikan, kendala administrasi tersebut terhambat akibat dari adanya permintaan pihak charteran yakni Timor Airways. Mereka meminta agar proses penerbangan Kupang- Dili bisa dilakukan secara penuh tanpa hitungan charter. Pihak Timor Leste sepertinya menginginkan agar penerbangan bukan hanya charter, tetapi dilakukan secara terus menerus.