42 Personel Brimob di Tapal Batas Belu-Timor Leste BKO ke Papua

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 42 personel Brigade Mobil (Brimob) Sub Den 2 Pelopor Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatsan RI-RDTL diberangkatkan bertugas dalam rangka tugas BKO pengamanan Pemilukada Tolikara dan Intan Jaya sesuai permintaan Polda Papua.

Wakpolres Belu, Kompol I Ketut Perten dalam amanat saat upacara pemberangkatan di halaman Mako Polres Belu, Kamis sore (19/10/2017) mengatakan, pelepasan anggota Brimob ini untuk melaksanakan tugas BKO dalam rangka pengamanan Pilkada di Kabupaten Tolikara Papua.

Menurut dia, tugas ini merupakan suatu kehormatan bagi 42 personil yang akan melaksanakan pengamanan. Rekan-rekan merupakan pilihan dari sekian anggota Brimob yang berada di polda NTT untuk mewakili kita dalam melaksanakan pengamanan.

“Ini merupakan tugas negara dan jangan dianggap main-main, ini bukan jalan-jalan tapi saya yakin dengan pengalaman yang dimiliki dan persiapan yang telah dipersiapkan reka-rekan semua, saya yakin tugas yang diemban akan dilaksanakan dengan baik,” ingat Ketut.

Ketut berpesan, agar seluruh personel menjaga solidaritas karena itu sangat penting. Sebab keberhasilan tugas kita karena kita solit. Kalau antara kita sudah tidak solit kita belum tentu bisa melaksnakan tugas yang diembankan dengan sukses.

“Ini merupakn wilayah baru tentunya rekan-rekan perlu beradaptasi dan kenali lingkungan wilayah yang akan didatangi. Jangan menjadi pemicu, kita utusan terbaik jadi berbuatlah yang terbaik, kita melaksanakan pengamanan maka kita lakukan tugas kita sebagai pengamanan jangan justru kita sebagai pemicu yang akan mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,” harap Ketut.

Baca juga : Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Pemkab Belu Gelar Berbagai Kegiatan

Dalam pelaksanaan tugas selama beberapa bulan kedepan Ketut juga ingatkan apabila anggota mempunyai kesempatan agar selalu berkomunikasi dengan keluarga yang tinggal disini guna mencari informasi. Namun apabila infomasi yang tidak perlu disampaikan ke keluarga dan yang kira-kira berdampak pada keluarga agar di rem.

Ketut kembali tegaskan, agar dijaga betul kekompakan para peesonel ditempat yang baru guna keberhasilan tugas. Bagi yang BKO apa yang diperintahkan ditempat tugas nantinya agar dituruti. Dirinya kita satu Komando dari Mabes Polri namun kearifan lokal yang harus kita hargai karena kearifan lokal disana tidak sama dengan di sini.

“Dengan SOP yang sudah kita miliki laksanakan dengan baik, niscaya tugas dan beban seberat apapun akan kita laksanakan dengan baik. Saya harapkan 42 personil yang akan berangkat ini bisa kembali dengan suatu keberhasilan dan prestasi yang baik,” pinta dia.

Bersamaan Danki Brimob Subden 2 Belu, Iptu Risky Farisky menuturkan, pelaksanaan tugas pengamanan terkait Pemilukada di Tolikara dan Intan Jaya diulang kembali. Selain personel Brimob Belu ada satuan lainnya dan kita akan melengkapi kekuatan personil dari Makosat Brimob Sulsel (Sulawesi Selatan) dan dilengkapi juga oleh personil Brimob Maluku utara.

“Khusus dari Polda NTT yang akan diberangkatkan sebanyak 97 orang yang mana dari kita sendiri Sub Den 2 Belu sebanyak 42 personil. Pada intinya kita akan melaksnakan kegiatan pengamanan VVIP khususnya kegiatan pengamanan Pemilukada,” ujar dia.

Risky berharap kepada seluruh anggota khususnya Sub Den 2 Belu yang diberangkatkan sebanyak 42 orang dan kembali sebanyak 42 orang dengan misi yang sukses pengamanan yang bagus dengan membawa nama yang harus khususnya Kabupaten Belu. “Malam ini langsung berangkat untuk gabung dengan personel di Polda, setelah itu besok diberangkatkan ke Papua,” pungkas dia.