TNI dan Warga Upacara HUT TNI ke-72 di Lokasi TTMD

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 tahun 2017 di Kabupaten Belu dilaksanakan di dua tempat secara bersamaan.

Adapun lokasi pelaksanaan upacara tersebut yakni, upacara peringatan hari ulang tahun TNI di lapangan umum Atambua dan lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 di Kecamatan Lasiolat salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste.

Upacara peringatan hari ulang tahun TNI terpusat di halaman SMA Mgr. Gabriel Manek, SVD, Desa Fatulotu, Kecamatan Lasiolat. Camat Lasiolat, Stefanus Don Peira bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan HUT TNI ke-72, Kamis 5 Oktober kemarin.

Bertindak sebagai Komandan upacara Batuud 09 Haekesak Pelda Hari, Pa Up serma Lukas Dangga Bulu dan penggucap Sapta Marga Serda Yustinus Puji Saputra. Pasukan upacara merupakan personil yang terlibat dalam satgas TMMD yang tersebar di Kecamatan Lasiolat.

Selain prajurit TNI dari satuan Kodim 1605/Belu, Yonif Raider Khusus 744/SYB, para pelajar tingkat SD, SMP dan SMA, puluhan warga Lasioat sebagai peserta upacara.

Turut hadir Danramil 1605-03/Weluli, Kapolsek Lasiolat, Pamen TNI, para Guru dan tokoh adat, masyarakat, agama serta staf Kecamatan. Pelaksanaan peringatan upacara yang bernuasa sederhana berlangsung aman dan lancar.

Baca juga : HUT ke-72, TNI Hindari Tindakan Primitif Yang Bisa Merusak Jati Diri

Selesai kegiatan, peserta upacara memberikan surprise yakni kado ulang tahun berupa nasi tumpeng kepada TNI di usia yang ke-72. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Camat Lasiolat dan diberikan ke perwakilan anggota TNI dan pelajar. Kegiatan berkahir dengan penampilan tari likurai oleh pelajar SD 2 Lasiolat dan Tebe bersama.

Warga meminta agar kedepannya kegiatan HUT TNI maupun POLRI tidak saja terpusat di ibu Kota Kabupaten, tapi bisa diselenggarakan juga di wilayah Kecamatan. Dengan itu warga semakin dekat dan cinta dengan aparat TNI-POLRI juga memacu semangat generasi muda di tapal batas.

Sebelumnya, Dandim 1605/Belu, Letkol Czi Nurdihin Adi Nugroho usai upacara HUT TNI ke-72 di lapangan Umum mengatakan, puncak pelaksanaan hari ulang tahun TNI selain di pusat Kota juga dilaksanakan bersamaan di lokasi TMMD ke-100 wilayah Kecamatan Lasiolat.

“Mereka (warga) Lasiolat yang meminta untuk upacara HUT dilaksanakan juga di lokasi TMMD. Kita tidak bisa menolak, permintaan mereka bukti kecintaan rakyat pada TNI,” ujar dia.

“Sesuai dengan tema HUT TNI ke-72 tahun ini, bersama rakyat TNI kuat dan ini filosofi TNI yang berasal dari rakyat,” tambah Nurdihin.