TMMD ke-100 di Tapal Batas Belu-Timor Leste TNI Bedah Rumah Guru dan Buka Jalan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 tahun 2017 di wilayah Kodim 1605/Belu, personel TNI melakukan bedah rumah atau Mess guru, pembukaan jalan serta pembukaan ruang perpustakaan Sekolah Dasar.

Adapun rangkaian kegiatan pra TMMD ke 100, TNI fokus mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi dan pendidikan dilaksanakan di dua lokasi berbeda yakni, Desa Fatulotu dan Maneikun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Berdasarkan data akhir yang dihimpun NTTOnlinenow.com tanggal 18 September, bedah satu unit rumah atau mess guru berlokasi di SDI Takarabat, Desa Fatulotu, luas bangunan 6 meter x 8 meter yang dikerjakan oleh tujuh personel TNI dibantu lima orang masyarakat.

Adapun prosentase bedah rumah kini mencapai 25 persen, dimana saat ini tengah melakukan pemasangan tembok, persiapan kayu untuk kusen dan pintu jendela serta pemasangan atap seng rumah.

Baca juga : Kasdim1605/Belu Tinjau Kesiapan TMMD di Lamaknen

Sementara kegiatan pembukaan jalan di lokasi dusun Mota’ain-Takarabat sepanjang 1.6 kilo meter dengan presentase lima persen. Pengerjaan pembukaan jalan selain personel TNI dibantu juga Polisi dan masyarakat setempat dengan sistem gotong royong dimana membersihkan badan jalan secara manual.

Sasaran kegiatan lainnya yakni pembangunan satu unit ruang perpustakaan yang berlokasi di SDN Mo’taain Desa Maneikun. Luas bangunan 7 meter X 8 meter. Progres pembangunan saat ini 12 persen, pemasangan fondasi dan penurunan material batu pasir yang dikerjakan oleh 12 personel TNI dibantu 2 masyarakat setempat.

Untuk diketahui kegiatan pra TMMD ke-100 program TNI AD di wilayah Kodim 1605/Belu perbatasan dengan negara Timor Leste dilaksanakan sejak 14 September lalu, dan direncanakan akan dibuka pada tanggal 27 September hingga 26 Oktober bulan depan.