Tokoh Adat Berikrar Usung Paket CHRISTOM di Pilkada Kabupaten Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Para tokoh adat dan tokoh masyarakat yang terdiri dari raja-raja (usif), fetor, tamukung, barnemen yang tergabung dalam Lembaga Adat Kabupaten Kupang, menyatakan ikrar bersama untuk mengusung dan mendukung paket CHRISTOM (Jan Christofel Benyamin – Thomas Malafu) sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati untuk maju di Pilkada Kabupaten Kupang 2018 mendatang.

Pernyataan dan penandatanganan ikrar bersama tersebut disampaikan pada acara deklarasi paket CHRISTOM yang digelar secara adat dengan tema “Syukuran Adat” di Sonaf (istana raja) Oninama, Babau, Kecamatan Kupang Timur, Jumat (7/7/2017).

Para usif yang merupakan pewaris takhta dari masing-masing kerajaan di Pulau Timor nampak hadir dengan pakaian kebesaran lengkap kerajaan (swapraja) masing-masing. Mereka adalah Usif Leopold N. Nisnoni (Kupang), Usif Roby Manoh (Amfoang), Usif Roby Koroh (Amarasi), Usif Gideon Amabi (Amabi), Usif Kim Nope (Amabi Oefeto Timur), Usif Roni Loemnanu (Amabi Oefeto) dan Usif Nakbena (Fatuleu).

Selain para usif, hadir pula para fetor, tamukung, barnemen, tokoh adat, tokoh masyarakat, pandukung dan simpatisan yang berjumlah sekitar lebih dari 1.000 orang itu memadati Sonaf Oninama. Mereka bersepakat mengusung paket CHRISTOM untuk memimpin Kabupaten Kupang 5 (lima) tahun kedepan.

“Kami yang bertanda tangan dibawah ini, para usif, para fetor, para tamukung, para barnemen, dan tua adat Kabupaten Kupang, dengan ini menyatakan, mengusung Jan Christofel Benyamin dan Thomas Malafu (Paket Christom) untuk memimpin Kabupaten Kupang lima tahun kedepan,” demikian salah satu poin ikrar bersama yang dibacakan Usif Leopold Nisnoni mewakili para usif.

Baca juga : Tertipkan Pekerja Anak Tanpa Solusi, RPK Kritisi Pemerintah

Ikrar bersama itu ditandatangani oleh Usif Leopold N. Nisnoni, Usif Robby Koroh, Usif Gideon Amabi, Usif Robby Mano, Usif Kim Nope, Usif Roni Loemau, dan Usif Nakbena dihadapan Jan Christofel Benyamin dan Thomas Malafu serta hadirin dan pendukung paket CHRISTOM.

Bakal Calon Bupati Kupang, Jan Christofel Benyamin mengatakan syukuran adat yang digelar tersebut sebagai titik awal dari rangkaian pilkada Kabupaten Kupang 2018 mendatang, juga sebagai langkah awal sosialisasi paket CHRISTOM kepada seluruh masyarakat.

“Kehadiran para Usif sekaligus sebagai bentuk dukungan dari seluruh masyarakat adat kepada paket CHRISTOM untuk maju bertarung di pilkada Kabupaten Kupang tahun 201, demi cita-cita menjadikan Kabupaten Kupang yang sehat, sejahtera dan mandiri,” katanya.

Ony Benyamin, demikian sapaan untuk Jan Christofel Benyamin mengungkapkan, terkait dengan partai politik yang menjadi kendaraan mengarungi pilkada tahun 2018, pihaknya telah berkomunikasi dengan lima partai politik untuk mengusung paket tersebut.

“Kita sudah bangun komunikasi politik dengan Partai Hanura, Partai Demokrat, PKPI, PAN dan PKB, dan kami berharap dari ke lima partai politik ini dapat memberikan kesempatan kepada kami dengan mengusung paket CHRISTOM pada Pilkada Kabupaten Kupang tahun 2018,” tandasnya.