Lagi, Satgas Yonif Raider 712/Wt Gagalkan Penyelundupan 1 Ton BBM di Pantai Mota’ain

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 712/Wiratama kembali menggagalkan penyelundupan 1 ton lebih Bahan Bakar Minyak (BBM) di pesisir pantai Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-Timor Leste.

Dalam keterangan pers yang diterima NTTOnlinenow.com, Senin (3/7/2017) menyebutkan, jenis BBM minyak tanah (Mitan) sebanyak 1275 liter dan solar 90 liter berhasil digagalkan anggota Satgas Yonif Raider 712/Wt Pos Mota’ain PLB yang dipimpin langsung Wadanpos Sertu Isak Peni pada Minggu (2/7/2017) dini hari pukul 03.10 Wita

BBM jenis mitan dan solar itu digagalkan anggota ketika sedang melaksanakan patroli rutin di pesisir pantai Mota’ain. Saat sedang berada di pesisir pantai, anggota melihat cahaya senter dan gerobak yang mencurigakan sementara didorong menuju ke arah pantai.

Segera Wadanpos bersama ketiga anggota langsung mendekat ke arah cahaya senter dan gerobak. Namun, warga yang mendorong gerobak langsung melarikan diri karena mengetahui telah didekati anggota. Warga meninggalkan dua gerobak berisi BBM yang diduga akan diselundupkan ke Timor Leste diangkut menggunakan perahu melalui jalur laut.

Baca : Satgas Yonif Raider 641/BRU Gagalkan Penyelundupan 1,5 Ton Mitan ke Timor Leste

Adapun jenis BBM yang berhasil diamankan itu mitan sebanyak 1275 liter yang diisi dalam jerigen berbagai ukuran yakni, 40 buah jerigen berukuran 25 liter, 7 jerigen berukuran 20 liter dan 27 jerigen berukuran 5 liter. Sedangkan solar 90 liter diisi dalam 2 buah jerigen ukuran 35 liter dan 4 jerigen ukuran 5 liter.

Terpisah, Dansatgas Yonif Raider 712/Wt Letkol Inf. Elvino Yudha Kurniawan yang dikonfirmasi menuturkan, BBM illegal yang berhasil digagalkan anggota Pos Mota’ain PLB sebanyak 1365 liter yakni 1275 liter minyak tanah dan solar 90 liter di pantai Mota’ain ketika melaksanakan giat patroli.

Dikatakan, hasil pengagalan BBM illegal jenis mitan sebanyak 1275 liter dan solar 90 liter yang diamankan anggota Pos PLB Mota’ain telah dilaporkan oleh Dankipur 1 Kapten Inf. Endra Eko Fitriyanto pada dirinya dan barang bukti telah diantar ke Makosatgas Pamtas di Umanen.

“Anggota langsung amankan barang buktinya, dan sudah dibawa ke Mako Pamtas RI-RDTL untuk diamankan di gudang,” ucap Elvino.