Triwulan Pertama 2017, Ada 10 Jenis Penyakit Diderita Masyarakat Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Berdasarkan data Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) S.K. Lerik Kota Kupang, tentang jumlah pasien yang dirawat dan jenis penyakit yang diderita pada triwulan I, sejak Januari hingga maret 2017, ada 10 penyakit yang paling banyak diidap masyarakat Kota Kupang.

Direktris RSUD S.K.Lerik, dr.Marsiana Halek, di ruang kerjanya menjelaskan ada 10 penyakit yang masuk daftar paling banyak terjadi pada bulan Januari hingga Maret, dipengaruhi cuaca sehingga memudahkan masyarakat terserang penyakit.

10 penyakit yang paling banyak terjadi, kategori pasien rawat jalan di RS S.K.Lerik yaitu Dispepsia (gangguan lambung/maag) sebanyak 300 pasien. Sakit demam yang tidak diketahui sebanyak 197 kasus.

Baca : Pemkot Belum Memenuhi Target RPJM Selama Lima Tahun

Selain itu, kasus penyakit infeksi saluran napas bagian atas akut lainnya sebanyak 185, hipertensi 176, gejala tanda dan penemuan klinik dan laboratorium 156 kasus, pengawasan kehamilan dengan resiko tinggi 124 kasus, asma 88 kasus, penyakit usus dan peritoneum 101 kasus.

Selain itu, 10 kategori rawat inap bulan Maret 2017 yaitu kehamilan dan persalinan lainnya sebanyak 128 pasien, Dispepsia 116 pasien, penyakit usus dan peritoneum 67 pasien, gejala tanda dan penemuan klinik dan laboratorium tidak normal lainnya YDT (yang ditanggung) di tempat lain 64 pasien, demam yang sebabnya tidak diketahui 42 pasien, DBD 39 pasien, pemeriksaan dan pasca persalinan 35 pasien, hipertensi 36 pasien, pneumonia 34 pasien dan hipoksia intrauterus dan asfiksia lahir sebanyak 33 pasien.

“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dan juga terus mengimbau masyarakat untuk lebih baik mencegah dengan rutin memeriksakan kesehatan. Jangan tunggu sampai sakit baru berobat,” kata dr. Marsiana Halek.