Pempus Bentuk Badan Pengelola Kawasan Pariwisata di Labuan Bajo

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Pusat (Pempus) saat ini sedang merencanakan untuk membentuk Badan Pengelola Kawasan Pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Wayan Darmawa sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Selasa (21/2/2017).

Menurut Wayan, hal itu dimaksudkan untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah tersebut. “Pembentukan badan otoritas tersebut, sebagai implentasi ditetapkannya Kawasan Komodo menjadi 10 destinasi parwisata utama di Indonesia tahun lalu,” katanya.

Baca : Honing Sani Siap Maju Cagub NTT 2018

Wayan mengaku, dalam rapat terbatas kabinet minggu lalu, Presiden Joko Widodo meminta kementerian terkait untuk lebih memperhatikan pengembangan pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.
Untuk mendukung pengembangan pariwisata di Labuan bajo, maka Bandara Komodo akan dikembangkan lebih optimal lagi.

Selain itu, pembangunan Pelabuhan Marine untuk mengantisipasi kunjungan wisatawan. Pemerintah pusat juga akan membenahi infrastruktur penunjang dan penataan Kota Labuan Bajo, sehingga menjadi kota yang lebih baik sebagai daerah tujuan wisata.

Wayan yang ikut dalam rapat terbatas itu mengatalan, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pemafaatan potensi pariwisata di daerah ini demi mewujudkan kesejahteran masyarakat setempat. Dengen demikian, pemerintah daerah pun diminta untuk mempersiapkan kawasan peyanggah.

“Khusus Manggarai Barat, kawasan wisata yang ada di sekitar Pulau Komodo perlu juga ditata dengan baik guna menarik kunjungan wiasatawan selain destinasi yang ada saat ini,” jelasnya.