115 Napi Atambua Dapat Remisi Hari Raya Natal 2016

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 115 Narapidana (Napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II, Atambua mendapat remisi khusus I di hari raya Natal 25 Desember 2016.

Kalapas Atambua, Muhammad Ridwantoro kepada NTTOnlinenow.com, Jumat (23/12/2016) mengatakan, dari jumlah 118 remisi Natal yang diusulkan ke Kanwil Propinsi hanya 115 napi yang mendapat remisi. Sedangkan tiga napi masih menunggu putusan dari Pusat.

“Kita baru terima remisinya tadi pagi melalui fax dari Kanwil. Dari 118 remisi yang diusulkan hanya 115 remisi yang turun,” ungkap dia.

Menurut Ridwantoro, usulan remisi napi di hari Natal sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Yang memiliki
sikap dan perilaku baik selama menjalani masa pidana mendapat remisi.

Baca : Hari Natal 2016, Lapas Atambua Usulkan Remisi 118 Napi Kristiani

“Semua syarat itu diminta Kanwil. Kami juga buat surat kelakuan baik setiap napi yang dilampirkan dalam usulan remisi ke Kanwil,” ujar dia.

Jelas Ridwantoro, remisi yang diusulkan khusus untuk napi yang telah mendapat eksekusi atau fonis pidana, sementara yang masih berstatus tahanan baik tahanan jaksa, polisi belum bisa diusulkan remisinya.

“Napi yang mendapat 115 remisi banyak dari kasus umum seperti pencurian, kekerasan, penganiayaan. Khusus tiga orang kasus tipikor satu dan dua traficking,” ujar dia.

Dikatakan, remisi napi untuk hari raya Natal tahun 2016 tidak ada remisi khusus II (RK II) yang langsung bebas, tapi hanya remisi khusus I (RK I). “Jadi napi yang dapat RK I tidak bebas, mereka hanya pengurangan masa pidananya,” sebut Ridwantoro.