Pemkot Kembali Bantu Masyarakat Untuk Rumah Layak Huni

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Setelah bantuan renovasi 100 unit rumah layak huni bagi warga tidak mampu direalisasikan hingga akhir tahun 2016 ini, Dinas Sosial Kota Kupang berencana menambah 200 unit lagi tahun depan untuk program serupa di tahun 2017 mendatang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang dr Joyce Kansil di Balai Kota Kupang, Rabu (07/12/2016).

Menurutnya, program bantuan rumah layak huni memang sudah direalisasikan, tetapi pada tahun lalu, program sedikit mengalami hambatan karena sesuai juknis, para penerima bantuan sudah harus mengantongfi sertifikat atas kepemilikan lahan yang akan dibangun, tetapi pada kenyataannya banyak penerima bantuan yang belum mempunyau sertifikat atas lahan yang ditempati.

Baca : Pengangkatan Guru Kontrak Provinsi Harus Prioritaskan Guru Honor Swasta

Oleh karena itu, para lurah diminta membantu warga kurang mampu di wilayahnya untuk memperoleh sertifikat tanah. Sebab, kepemilikan sertifikat menjadi kendala utama penyaluran bantuan tesebut.

Terkait 100 rumah bantuan tahun 2016, Dinas Sosial berencana pada Desember mendatang bertepatan dengan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) melaunching 100 unit bantuan rumah layak huni dari APBD Kota Kupang, 400 unit dari APBN untuk program lantainisasi, 180 unit rumah dari Kementerian Sosial di Kelurahan Naimata dan Kolhua, serta tiga sarana lingkungan di Kelurahan Naimata.

“Itu kami rencana launching pada HKSN bersamaan dengan penyerahan alat bantu bagi disabilitas, termasuk juga kaki dan tangan palsu,” ungkapnya.