Menunggu Kepastian Bendungan Kolhua, Pemkot Bangun Reservoir Dengan Kapasitas Besar

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sambil menunggu kepastian pembangunan Bendungan Kolhua yang masih menjadi Polemik hingga saat ini, Pemerintah Kota Kupang dalam tiga tahun kedepan akan fokus membangun resevoir dengan kapasitas yang cukup besar untuk menampung air yang disuplai dari bendungan tilong.

“Tahun 2017 mendatang, kami akan membangun dua reservoir dengan kapasitas 500 kubik. Sesuai rencana kedua resorvoir akan dibangun di Kelurahan Maulafa,” Kata Walikota Kupang Non Aktif, Jonas Salean.

Menurutnya, dengan keterbatasan sumber air di Kota Kupang, butuh cara yang lebih efisien dalam menanggulangi masalah air di Kota Kupang, dan salah satunya membangun bak penampung dengan kapasitas yang besar, sehingga bisa dijadikan tempat penampungan air sebelum didistribusi kepada warga melalui PDAM Kota Kupang berdasarkan kebutuhan wilayah masing-masing.

Selain itu maksud dari pembangunan reservoir yang cukup besar untuk menampung yang didistribusi melaui mobil tangki air. Pemerintah juga akan menambah armada mobil tangki air untuk menjawab kebutuhan warga Kota Kupang air bersih.

“Untuk saat ini hanya itu yang bisa dilakukan pemerintah. Sudah ada upaya untuk mencari sumber air baru tapi debetnya tidak mencukupi. Memang keberadaan dua PDAM yaitu PDAM Kabupaten Kupang dan Kota Kupang sudah banyak membantu warga,” ujarnya.

Namun, kata Salean, seiring meningkatnya populasi penduduk Kota Kupang, tingkat kebutuhan air semakin tinggi, dan sumber air yang ada tidak bisa diandalkan lagi, sehingga pemerintah akan berupaya dengan segala cara terbaik, sambil menunggu perkembangan dari pembangunan bendungan Kolhua.