UC News Menunjukkan Potensi Kreator Konten Indonesia di Festival Media AJI

Bagikan Artikel ini

Jakarta, NTTOnlinenow.com – UC News, distributor konten dari UCWeb, Alibaba Digital Media and Entertainment Group, mengadakan diskusi tentang monetisasi konten yang berjudul “How to Monetize Your Blog and Web” pada Festival Media AJI (Aliansi Jurnalis Independen) di Pekanbaru baru-baru ini.

Pada acara tersebut, UC News menjelaskan potensi besar dari We-Media, yaitu para penulis dan penyedia konten independen, juga opini dari tokoh publik untuk mempublikasikan dan memonetisasi konten mereka.

UC News sebagai pendatang baru di industri aggregator berita juga akan membantu berbagai pihak dari We-Media untuk dapat didengar dan berbagi konten dalam bentuk artikel, video, meme, cerita serial, komik dan lain-lain melalui platform UC News We-Media.

Pada Festival Media AJI Indonesia, UC News menjelaskan tiga faktor penting dalam monetisasi konten:
1. Teknologi ‘big data’ untuk mengidentifikasi pola konsumsi konten dan perilaku pengguna, dan juga memberikan konten yang sesuai bagi para pembacanya, dan mendistribusikan konten yang tepat kepada audiens yang tepat.
2. Sumber daya untuk mempersingkat perjalanan dari konten ke monetisasi. Yang dibagi dalam tiga komponen, yaitu trafik massal yang berkualitas, dukungan modal dan mitra media.
3. Pengalaman di bidang pemasaran digital dan personal branding untuk menjadikan para kreator konten menjadi We-Media sebenarnya, seperti perusahaan media independen, dimana para kontributor konten dapat bergantung pada diri mereka sendiri untuk membuat konten dan memberikan pengaruh pada masyarakat luas.

UC News membahas konsep We-Media dan menunjukkan kesenjangan konten yang dapat diisi oleh inisiatif We-Media

Donald Ru, Head of Indonesia Market, UCWeb, Alibaba Mobile Business Group, berkomentar, “Indonesia memiliki banyak kreator konten independen yang mempunyai semangat besar untuk berbagi ide dan pemikiran mereka, tetapi belum didistribusikan secara efisien dan dimonetisasi sebanyak-banyaknya karena kurangnya dukungan big-data, model monetisasi yang belum dikembangkan dan kurangnya dukungan dan sumber daya industri, yang mengakibatkan ekosistem We-Media belum terealisasi disini.

Sebagai pihak yang dapat memberikan lebih banyak sumber daya dan dukungan monetisasi konten, kami melihat AJI sebagai mitra professional utama untuk membantu kreator konten independen Indonesia untuk mendapatkan nilai lebih dari apa yang mereka buat, dimana AJI Indonesia berperan menjadi pemimpin pergerakan industri media Indonesia. Kami harap UC News We-Media Platform dapat menjadi wadah utama bagi para kreator konten berbakat Indonesia dalam hal monetisasi konten.”

Head of Indonesian market for UCWeb, Alibaba Mobile Business Group, Donald Ru (kanan), senior business development manager Ghanniy Fitra (kedua kanan), head of media development Catherine Huang (ketiga kanan) berpartisipasi pada acara networking media yang dimoderatori oleh anggota AJI, Yudie Thirzano sebagai bagian dari Festival Media AJI 2016 di Pekanbaru, Riau, 19 November.

Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI), Suwarjono, menyambut baik inisiatif UC News yang membuka kolaborasi untuk kreator konten. Saat ini, citizen journalist dan blogger menghadapi kendala teknis dalam memonetisasi konten yang mereka buat. Banyak dari mereka memutuskan untuk berhenti membuat konten yang berkualitas karena terhambat biaya teknis dan operasional. Kehadiran dan inisiatif UC News akan memacu blogger dan citizen journalist untuk membuat konten yang berkualitas dan mengembangkan platform internet di Indonesia.”

Tentang UCWeb
UCWeb Inc. (UCWeb), adalah bagian dari Alibaba Mobile Business Group, penyedia layanan mobile internet software terkemuka. Sejak tahun 2004, UCWeb mempunyai misi untuk menyediakan layanan mobile internet yang lebih baik untuk orang-orang di seluruh dunia. Portofolio produk UCWeb termasuk diantaranya UC Browser (layanan mobile browsing), UC News (distributor konten), 9APPS (Android app store) dan UC Union (mobile traffic dan monetization platform). UC Browser adalah satu dari 3 top mobile browser di dunia (berdasarkan data StatCounter). Pada Agustus 2016, UC Browser telah mencapai 420 juta Monthly Active Users dan 9Apps telah mencapai 250 juta Monthly Active Users secara global. Informasi lebih lengkap tentang UCWeb dan produk-produknya dapat dilihat di www.ucweb.com.

Tentang UC News
UC News adalah distributor konten yang didukung dengan big-data, menyajikan berita pilihan dan terpopuler dari berbagai kategori yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia di perangkat mobile mereka, dengan lebih dari 20 kategori termasuk berita nasional dan internasional, teknologi, hiburan, film, gaya hidup, kesehatan, humor, dan lain lain. Dalam menyajikan kontennya, UC News mengintegrasikan topik yang sedang populer di media sosial dan bekerjasama dengan media tradisional, penulis independen dan tokoh masyarakat. Saat ini UC News telah tersedia dalam 4 bahasa termasuk Indonesia, Inggris, Hindi, dan Tamil. UC News adalah produk dari UCWeb Inc. (UCWeb) – bisnis dalam Alibaba Mobile Business Group. UC Browser, produk utama dari UCWeb dan mobile browser No.1 di Indonesia menurut StatCounter telah terintegrasi dengan news feed dari UC News. Download UC News di http://www.ucnews.id/.

Tentang AJI
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) adalah organisasi jurnalis Indonesia yang mempunyai perwakilan di 37 kota di Indonesia. AJI memiliki tiga fokus utama – mempertahankan kebebasan pers dan mengemukakan pendapat, kesejahteraan jurnalis, dan profesionalisme jurnalis. AJI juga merupakan anggota dari IFJ (International Federation of Journalist) yang berbasis di Brussels.