Dana PEM Sudah Dimanfaatkan 12 Ribu Penerima

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pengembalian Dana Pemberdayaan Ekonomi Mayarakat (PEM) sebesar Rp.25 milliar lebih yang telah digulirkan kepada penerima manfaat di Kota Kupang mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pasalnya sejak program dana PEM digulirkan tahun 2013, pengembaliannya sudah mencapai Rp.58 miliar dengan jumlah warga pemanfaat sudah sebanyak 12 ribu penerima.

Demikian dikatakan kepala BPMK Kota Kupang,Felisberto Amaral kepada wartawan di kantornya, Kamis (17/11/2016).

Amaral menjelaskan, program dana PEM meupakan program inovatif dari Pemerintah Kota Kupang untuk meningkatkan usaha masyarakat. Program ini sudah diluncurkan sejak tahun 2013 di 51 Kelurahan, dan pengulirannya sudah dilakukan beberapa kali. Bahkan untuk beberapa kelurahan, pengguliran Dana PEM sudah melampaui target dari pemerintah Kota Kupang, sehingga hal ini menjadi salah satu indikator penilaian bahwa program ini cukup berhasil dalam meningkatkan usaha kecil milik masyarakat Kota Kupang.

Baca: Bulog NTT Pastikan Stok Beras dan Gula Aman Sampai Akhir Tahun

“Untuk tahun ini berdasarkan analisis dari tim ahli yang di khususkan memantau perkembangan dana PEM, disampaikan bahwa terjadi peningkatan pada usaha para penerima manfaat dana PEM mencapai 60 sampai 70 persen, sehingga keberhasilan ini merupakan capaian yang menggembirakan,” kata Amaral.

Sementara disinggung soal keberadaan BPMK akan ditiadakan pada tahun 2017 terkait ada perubahan pada Organisasi Perangakat Daerah di Lingkup pemerintah Kota Kupang, Amaral mengatakan, saat ini akan masuk dalam masa transisi pada bulan Desember, sehingga sesuai PP 18 pemberdayaan masyarakat dialihkan ke kecamatan, tetapi berkaitan dengan pengelolaan dana PEM akan diatur tersendiri oleh Walikota melalui Sekda nantinya.