B-Trust dan Uni Eropa Akan Menggelar Seminar Nasional Tentang Penanganan Pengaduan Masyarakat

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Bandung Trust Advisory Group (B-Trust) Bekerja sama dengan European Union (Uni Eropa) bersam Ombudsman RI akan menggelar seminar Nasional, tentang penanganan pengaduan Masyarakat sebagai Katalisator pencegahan Korupsi dan peningkatan efektifitas pembangunan daerah. Seminar itu akan dihadiri 100 undangan yang berasal dari berbagai Instasnsi, baik pemerintah Pusat, pemerintah daerah, lembaga donor, NGO, dan Media massa.

Demikian dikatakan Direktur Senior B-Trust, Siswanda kepada wartawan dalam Jumpa Pers, yang berlansung disalah satu restoran kenamaan di Kota Kupang, Selasa (15/11/2016).

Dikatakan, B-Trust dan Uni Eropa sejak tahun 2013 telah membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sekaligus sebagai upaya pencegahan korupsi melalui mekanisme penanganan pengadua masyarakat di 10 daerah, yaitu 8 Kabupaten/kota, dan dua provinsi di Indonesia.

Baca: DPRD Minta Pemerintah Pasang Dua Traficklight di Kelurahan Oebufu

Program yang bertajuk “peningkatan efektivitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas melalui pembentukan unit penanganan pengaduan masyarakat” merupakan wujud komitmen tersebut. Melalui program ini, kata Suswandi, B-Trust/Uni Eropa telah membantu berbagai Kabupaten Kota dan Provinsi di Indonesia untuk membentuk dan menerapkan mekanisme penanganan pengaduan masyarakat, diantaranya, Pemkot Surakarta, Tarakan, Kendari, Kupang, Kabupaten Wakatobi, Rote Ndao, Bulungan, Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Menurutnya Program pendampingan yang dilakukan sejak tahun 2013-2016 dibeberapa daerah tersebut, hingga saat ini telah mencapai kemajuan dan hasil yang beragam. Ragam pencapaian masing-masing daerah daerah tersebut menunjukan efektifitas penerapan penanganan pengaduan dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kondisi geografis dalam hubungannya dengan kondisi sosial masyarakat setempat, kesadaran dan komitmen pemerintah menyertakan masyarakat sebagai unsur penting pembangunan, kultur Kepercayaan yang berkembang dimasyarakat yang mempengaruhi pola hubungan masyaraka dengan pemerintah, ketepatan sarana/prasarana pengaduan dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk itu, katanya, seminar ini akan menjadi bahan presentasi dari kinerja B-Trust dan Uni Eropa selama 4 tahun terakhir sejak 2013. Selain itu seminar ini juga akan menjadi closing program B-Trust, Uni Eropa di delapan Kabupaten/kota dan dua Provinsi di Indonesia.

Khusus untuk NTT, di Kota Kupang, dan Rote Ndao. Dikatakan, dalam seminar yang digelar besok pagi mulau Pukul 8.00 Wita akan menghadirkan pembicara dari Ombudsman RI, KPK, serta Dua Walikota yaitu walikota Surakarta, dan Walikota Kupang.