Wartawan Ekonomi Seluruh Indonesia Mendapat Penguatan Kapasitas Dari Bank Indonesia

Bagikan Artikel ini

Jakarta, NTTOnlinenow.com – Untuk memberi pemahaman tentang tugas dan fungsi Bank Indonesia (BI) kepada jurnalis daerah yang meliput di bidang ekonomi dan perbankan. Bank Indonesia adakan pelatihan gelombang kedua bagi 240 wartawan ekonomi dari 24 kota di seluruh Indonesia dari tanggal 9-12 Oktober di Jakarta.

Jurnalis daerah yang mengikuti pelatihan itu, Kupang, Mataram, Riau, Medan, Pematangsiantar, Samarinda, papua dan Aceh. Untuk Pelatihan gelombang pertama diikuti 250 wartawan ekonomi dari Pulau Jawa dan Sulawesi, sudah digelar sejak 2-5 Oktober lalu.

Pembukaan pelatihan diawali dengan welcoming dinner, kunjungan peserta ke Museum Bank Indonesia yang dilanjutkan dengan  dan foto bersama.

Baca Juga : Pemkot Kupang Gratiskan PBB

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Arbonas Hutabarat saat acara Welcoming Dinner mengatakan, sebagai partner, BI membutuhkan media yang bertugas sebagai penyebar informasi kepada masyarakat mengenai tugas dan fungsi Bank Indonesia sebagai pemegang kebijakan dalam mengawal kestabilan ekonomi moneter, kebijakan menjaga kestabilan sistem keuangan, dan kebijakan menjaga kestabilan kelancaran pembayaran.

“Pelatihan ini bertujuan memberi pemahaman terhadap jurnalis tentang tiga tugas dan fungsi Bank Indonesia yang merupakan Bank Central” jelas Arbonas Hutabarat.

Arbonas menyinggung mengenai materi yang akan dibahas dalam pelatihan selama tiga hari diantaranya, pengendalian inflasi, kebijakan uang muka kredit, fungsi makro prudensial BI, kenaikan suku bunga The Fed yang punya andil pada perekonomian global, gerakan nasional non tunai, nilai tukar dan suku bunga acuan.