OJK Gelar TOT Untuk Guru Dan Pelajar di Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sebagai salah satu sarana meningkatkan pemahaman keuangan kepada masyarakat sejak dini, Kantor OJK Provinsi NTT melaksanakan kegiatan Training of Trainers (ToT) yang ditujukan kepada pengajar SMP dan SMA sederajat di Kota Kupang. Kegiatan itu dilakukan selama sehari bertempat di Hotel Swiss Bellin Kupang, pada selasa (30/08/2016).

Kegiatan TOT itu dibukan langsung oleh Walikota Kupang, yang diwakili Asisten II Setda Kota Kupang, Djamal Mila Meha, yang dikuti ratusan guru SMA/SMK, Guru SMP, dan Madrasah. Turut diundang dalam kegiatan ratusan siswa SMA/SMK, dan Siswa SMP.

Asisten II Djamal Mila Meha, dalam sambutannya saat membuka Kegiatan TOT mengatakan, kegiatan TOT sangat bagus dilakukan bagi para guru dan siswa, untuk memberikan pemahaman sejak dini, khususnya bagi para siswa agar bisa memahami fungsi dan kerja lembaga keuangan serta, bisa memahami sejak dini tentang bahaya investasi bodong, sehingga bisa menjadi pegangan kuat bagi para siswa dikemudian hari.

“Pelatihan ini merupakan kegiatan yang baik untuk memberikan pemahaman sejak dini kepada para siswa. Pemerintah Kota Kupang merasa senang dan sangat mendukung kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala OJK Cabang Kupang, Winter Marbun dalam sambutannya yang dibacakan, Kasubag Pengawasan, Kunto Ari Wibowo meengatakan, tujuan dari kegiatan Training of Trainers (ToT) tersebut ialah untuk meningkatkan pemahaman pengajar mengenai OJK, Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan juga Pasar Modal sehingga nantinya informasi yang diterima dapat diteruskan kepada siswa pada sekolah yang bersangkutan.

Menurutnya, dalam kegiatan ini kantor OJK Provinsi NTT juga akan melakukan pengumuman pemenang Mading Edukasi Kompetisi untuk SMP dan SMA yang sudah dilaksanakan sejak 1 (satu) bulan dengan tim penilai dari Kantor OJK Provinsi NTT dan Industri Jasa Keuangan yang ada di Kupang. Tujuan dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah pemahaman siswa terkait tugas, fungsi, peran OJK dan Lembaga Jasa Keuangan serta mengetahui cara menggunakan produk keuangan dengan benar.

Pada pelaksanaan lomba mading tersebut, tim mading sekolah diberikan tema yang berbeda setiap minggunya, yaitu minggu pertama tentang mengenal OJK dan mewaspadai Investasi Ilegal, minggu ke 2 tentang mengenal OJK dan Lembaga Jasa keuangan beserta produknya, minggu ke 3 tentang mengenal OJK dan kemerdekaan Indonesia, dan minggu ke 4 tentang mengenal OJK, industri jasa keuanan non bank (IKNB) dan pasar modal. Adapun peserta perlombaan berjumlah 50 sekolah baik SPM dan SMA di kota Kupang.

Dari hasil lomba tersebut, untuk tingkat SMP dijuarai oleh SMP Kristen Citra Bangsa. sedangkan untuk tingkat SMA/SMK, dimenangkan oleh SMA Seminari Santo Rafael. Hadiah pemenang diserahkan langsung oleh Asisten II, Djamal Milla Meha, bersama, Kasubag Pengawasan OJK NTT, Kunto Ari Wibowo.

Dalam kegitan TOT, pihak OJK mengajak industri jasa keuangan (Perbankan, asuransi, Pembiayaan, dan Pegadaian) yang ada di Kota Kupang membuka boot untuk memperkenalkan industrinya masing-masing, sehingga para guru dan siswa bisa langsung berinteraksi dan mengenal lebih dekat industri jasa keuangan.