Pemegang e-KTP di Kota Kupang Capai 205 Ribu, Dari 315 Ribu Wajib KTP

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Jumlah Pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Eletronik (e-KTP), di Kota Kupang semakin meningkat. Dari jumlah wajib KTP di Kota Kupang 315 ribu, sudah sebanyak 205 ribu wajib KTP yang sudah mengantongi e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang, David Mangi mengatakan, kesadaran masyarakat Kota Kupang untuk mengurus e-KTP semakin hari semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari animo masyarakat yang datang di Kantor dispendukcapil setiap hari untuk mengurus e-KTP berjumlah 200 lebih. Jumlah tersebut tidak bisa dilayani oleh dispendukcapil, karena kapasitas mesin untuk mencetak e-KTP setiap hari hanya berjumlah 130. Hal itu disebabkan pemkot Kupang hanya mempunyai satu mesin pencetakan e-KTP.

“Idealnya kita harus punya 6 mesin pencetakan e-KTP yang ditempatkan pada enam kecamatan. Namun yang tersedia saat ini cuma satu mesin, dan tidak mampu melayani animo masyarakat yang cukup tinggi,” ujarnya.

Dikatakan, terbatasnya alat pencetakan e-KTP, sudah disikapi oleh dinas dengan mengajukan proposal kepada kemendagri untuk penambahan mesin pencetakan e-KTP.

“Kami sudah mengajukan permintaan ke Pihak Kemendagri, Semoga permintaan kami dipenuhi,”ujarnya

Ia menambahkan, pemerintah terus menargetkan jumlah wajib KTP yang akan mendapatkan e-KTP sampai pada akhir 2018 mendatang. Pasalnya dalam pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang, warga yang akan mengikuti pemilihan umum, wajib sudah mempunyai e-KTP.

“Kalau warga belum mempunyai e-KTP bisa tidak disertakan sebagai pemilih,” Kata Mangi.