Kelurahan Airmata Juara I Nasional Tingkat Kelurahan Regional IV

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kelurahan Airmata keluar sebagai juara pertama lomba kelurahan tingkat regional tingkat nasional mewakili Provinsi NTT. Juara yang diraih ini khususnya di tingkat regional IV.

Demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Kupang, Felixberto Amaral kepada wartawan.

Amaral menjelaskan, keluarnya Kelurahan Airmata sebagai juara pertama berdasarkan penilaian dari beberapa aspek. Yang pertama penilaian dari tertib dalam pelaksanaan administrasi ditingkat kelurahan, mampu bekerja sama dengan pihak lain yakni Bank dan IFAD, tingkat partisipasi masyarakat dalam bergotong royong yang cukup tinggi, dan memiliki rasa toleransi yang cukup bagus, serta mampu mencipatkan lapangan kerja bagi kaum muda melalui pengemabngan teknologi tepat guna berupa modifikasi mesin motor menjadi alat pencuci motor.

Selain itu, lanjut Amaral, penilain juga membuat kelurahan Airmata mendapat juara pertama yang dilakukan oleh tim penggerak PPK melalui 10 program tim penggerak PPK yakni salah satu melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

“Untuk program UP2K ini dinilai dari tim pusat untuk kelurahan Airmata mampu memotivasi keluarga untuk bisa hidup lebih sejahtera,”ujar Amaral.

Amaral menambahkan, keluarnya kelurahan Airmata sebagai juara partama, maka pada tanggal 15 Agustus 2016, dirinya bersama camat Kota Lama, Lurah Airmata, dan ketua LPM, serta pengerak PPK dengan didampingi kepala bidang pemerintah desa NTT menerima piala di The Media hotel yang diserahkan secara langsung oleh Mendagri.

Menurut Amaral, kemenangan yang diraih merupakan atas perjuangan dan kerja keras Pemerintah Kota Kupang melalui kepemimpinan Walikota Kupang Jonas Salean, bersama semua aparatur dan masyarakat Kota Kupang terlebih khusus masyarakat di Kelurahan Airmata.

“Dalam masa kepemimpinan Walikota Kupang saat ini sudah mampu menjadi kelurahan yang ada di Kota Kupang tingkat nasional yakni pada tahun 2013 Kelurahan Naikoten II keluar sebagai juara pertama dan ditahun 2016 dalam lomba kelurahan tingkat regional tingkat nasional mewakili Provinsi NTT, kelurahan Airmata kembali meraih juara pertama,” kata Amaral.