TTU Akan Bangun Patung Kristus Raja Tertinggi di Dunia

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Sebagai daerah perbatasan yang menghubungkan Indonesia dengan negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) di Enclave Oekusi, Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terus meningkatkan minat kunjungan Wisatawan daerah.

Potensi wisata rohani menjadi salah satu isu yang dibidik pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan promosi daerah untuk mempercantik Kota Kefamenau, TTU.

Selain terus mendapat kunjungan wisata ke dua destinasi wisata di Gua Maria Bitauni dan Kote-Noemuti sebagai lokus penyelenggaraan Paskah Tradisional, pemerintah akan menambah satu destinasi wisata rohani di kota Kefamenanu.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandez mengatakan, Pemerintah Daerah TTU akan membangun patung Kristus Raja tertinggi di dunia dengan ukuran setinggi 58 meter di bukit Neonbat Kompleks RSPD Kefamenanu.

“Tahun ini sedang dalam perencanaan dan pembangunan patung ini akan dimulai tahun depan (2017-red), dengan sistem multy years” kata Raymundus kepada wartawan di Kefamenanu, Minggu (7/8).

Raymundus menjelaskan, konsep dasarnya adalah berupa Taman Doa yang di dalamnya dibangun patung Kristus Raja setinggi 58 meter sesuai dengan tahun lahir Kabupaten TTU.

Selain berbentuk taman doa, Ketua DPC PDI-P TTU ini mengatakan, dari aspek teknis kawasan rohani ini juga kan didesain dengan gambar budaya yang melekat pada tiga Swapraja Utama di TTU yaitu Biboki, Insana, dan Miomaffo yang menjadi kekuatan besar lahirnya kabupaten TTU.

“Bukit Neonbat setinggi 200 meter itu akan ditata menjadi kawasan doa dan jalan salib dengan penataan areal taman yang asri dan nyaman serta indah dari aspek Estetika. Diatas puncak bukit itulah akan ditahtakan patung Kristus Raja setinggi 58 meter,” ujarnya.

Menurut Raymundus, patung yang akan dibangun tersebut akan menjadi patung Kristus Raja tertinggi di dunia dan diproyeksi menjadi kawasan wisata religi primadona di Kabupaten TTU, Nusa Tenggara Timur.

“Karena patung Kristus Raja yang ada di Dili, Timor Leste setinggi 38 meter, di Brazil 48 meter dan di Toraja setinggi 52 meter. Sehingga jika patung di TTU ini selesai dibangun maka akan menjadi yang tertinggi di dunia,” katanya.