Bupati Belu Resmikan Grand Opening Pusat Endoskopi Saluran Cerna di RS Gabriel Manek

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Bupati Belu Agustinus Taolin resmikan Grand Opening Pusat Endoskopi Saluran Cerna, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL, Sabtu (18/06/2022).

Grand Opening ditandai dengan penandatanganan Prasasti, penekanan tombol sirene sekaligus pemotongan pita oleh Bupati Agus Taolin didampingi Ketua Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia Ari Fahrial Syam.

Bupati Agus mengatakan, pembangunan kesehatan dilakukan dengan memberikan prioritas pada upaya peningkatan kesehatan masyarakat dan keluarga serta pencegahan penyakit, di samping upaya penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.

“Salah satu hal utama dalam mewujudkan masyarakat yang sehat yaitu melalui pelayanan-pelayanan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan,” ujar dia dalam sambutannya.

Dia berharap, mudah-mudahan keberadaan alat ini bisa bertahan sehingga masyarakat Kabupaten Belu diberikan kemudahan untuk mendapatkan pelayanan Endoskopi.

“Diagnosis bisa lebih tepat dan tindakan bisa lebih bagus, sehingga bisa lebih efektif dan efisien,” ujar mantan Kepala RS Atambua itu.

Bersamaan, Ketua Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia Ari Fahrial Syam menuturkan, pelayanan Endoskopi adalah kebutuhan mutlak dalam penegakan diagnosa dan merupakan salah satu pelayanan unggulan di RS Gabriel Manek.

Tentunya, jelas dia dengan mengutamakan mutu serta keselamatan pasien, yang bersinergi dengan layanan unggulan lainnya.
“Endoskopi adalah layanan pengembangan. Tujuannya, meningkatkan optimalisasi layanan dan mengembangkan yang belum ada,” ucap dia dalam sambutannya.

Terkait itu, dia berharap Rumah Sakit Mgr. Gabriel Manek Atambua tidak saja untuk pelayanan, tetapi juga penelitian dan inovasi baru.

“Untuk itu, ide baru yang dilakukan antara lain dengan membuka unit pelayanan Endoskopi,” ungkap Ari yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Selesai Grand Opening, Bupati Agus didampingi Ketua Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia meninjau ruangan Endoskopi RS Gabriel Manek sekaligus memeriksa sembilan pasien yang menderita perdarahan saluran cerna.

Diketahui, turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Belu, Wakik Bupati Malaka, Pimpinan Forkopimda Belu, Sekretaris Daerah Belu, Sekda TTU, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda TTU, Pengurus TP PPK Belu, pimpinan OPD Belu serta tenaga Medis kesehatan Belu.