Bertolak ke Wakatobi, Presiden Akan Hadiri GTRA Summit 2022 hingga Lepas Tukik

Bagikan Artikel ini

Laporan Frans Watu
Jakarta, NTTOnlinenow.com – Usai melakukan kunjunagn ke Batang, Jawa Tengah dan meresmikan Masjid At-Taufiq yang terletak di daerah Lenteng Agung, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta (8/6/22), Presiden Joko Widodo dan rombongan langsung bertolak ke Sulawesi Tenggara. Tiba di Sulawesi Tenggara menjelang tengah malam, Presiden Jokowi dan rombongan menginap di Kapupaten Konawe Selatan.

Didampingi Ibu Iriana Joko Widodo pagi ini (9/6) Presiden Joko Widodo memulai aktivitasnya di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat ATR melalui Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, sekitar pukul 07.40 WITA.

Setibanya di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana langsung menuju Marina Togo Mowondu untuk menghadiri sekaligus membuka Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022.

Setelahnya, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Kampung Mola untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga akan mengendarai motor listrik untuk menuju lokasi penyerahan sertifikat di Kampung Mola.

Usai penyerahan sertifikat, Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Pagi untuk menyerahkan bantuan sosial kepada para penerima manfaat. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana diagendakan untuk meresmikan sejumlah pelabuhan dan kapal motor penumpang (KMP) yang dipusatkan di Dermaga Rakyat Wanci.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Wakatobi, Presiden dan Ibu Iriana akan melakukan pelepasan tukik di Patuno Resort bersama masyarakat sekitar Kabupaten Wakatobi. Presiden Jokowi dan rombongan direncanakan akan kembali ke Kabupaten Konawe Selatan, untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Kabupaten Wakatobi adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Selain itu, turut pula Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, dan Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol. Teguh Pristiwanto.