Anggota Satgaster Pos Lakus Kodim 1605/Belu Bersama Warga Perbaiki Jalan Longsor

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Jalan penghubung antar desa tepatnya di wilayah Dusun Ropolete, Desa Fulur, Kecamatan Lamakanen, Kabupaten Belu mengalami longsor hingga sulit dilewati warga.

Kondisi jalan itu mengalami kerusakan parah akibat diguyur curah hujan dengan intensitas yang tinggi yang melanda wilayah Belu perbatasan RI-RDTL dalam sepekan terakhir.

Kerusakan tersebut membuat hati personel Satgaster Pos Lakus Koramil 1605-03/Weluli Sertu Yosea Dael dan Sertu Alberto Fouk tergerak hati untuk memperbaiki akses jalan di Dusun yang berbatasan langsung dengan Timor Leste itu.

Bersama warga Lakus dengan menggunakan peralatan manual melakukan kegiatan kerja bhakti memperbaiki tepi dan badan jalan yang longsor akibat banjir pasca diguyur hujan dalam sepekan akhir.

Menurut Sertu Alberto Fouk, kegiatan kerja bhakti ini dilakukan agar akses transportasi warga yang menghubungkan Desa Fulur dengan Dusun Ropolete dan dusun-dusun lainnya tidak mengalami hambatan.

“Kalau tidak diperbaiki sekarang masyarakat tidak bisa melakukan aktifitasnya, apalagi jalan ini merupakan akses jalan utama bagi warga,” kata dia.

Apalagi, lanjut Alberto kondisi jalannya masih diperkeras sudah pasti akan sangat berbahaya bagi kendaraan sepeda motor warga yang melintas karna pasti kondisi jalannya akan menjadi licin.

Sementara itu, salah seorang warga dusun Ropolete Nasu Loe menceritakan bahwa setiap tahun pada saat musim hujan jalan desa ini selalu longsor hal ini sangat menyulitkan masyarakat yang menggunakan jalan ini.

Diutarakan, apabila diguyur hujan deras tanahnya mudah sekali longsor, sehingga untuk mencegah kondisi jalan yang semakin parah warga bersama personil TNI inisiatif langsung gotong royong untuk memperbaiki jalan itu.

“Kami sangat bersyukur sekali karna kami tidak bekerja sendirian tapi dibantu langsung oleh TNI dari Koramil yang bertugas di Pos Lakus,” pungkas Loe.