40 Lulusan Terbaik SMA Muhi Ikuti Wisuda Tahfidz Akbar

Bagikan Artikel ini

Yogyakarta, NTTOnlinenow.com – 40 siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengikuti acara wisuda tahfidz akbar pada Ahad (22/05). Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) dan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kota Yogyakarta. kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta bersama seluruh SD, SMP, SMK dan SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta yang tahun ajaran 2021/2022 telah dinyatakan lulus di setiap jenjang satuan pendidikan.

Wisuda tahfidz akbar ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan pendidikan al-Qur’an di sekolah/madrasah Muhammadiyah. Sebab dalam ajaran Islam, tahfidz adalah salah satu pondasi untuk menguasai kompetensi al-Qur’an (al-Islam), yaitu, qiraah tartil, tahsin, tahfidz dan tafhim.

Menurut Drs. H. Akhid Widi Rahmanto selaku Ketua PDM Kota Yogyakarta ada 5 tujuan dari diselenggarakannya wisuda tahfidz akbar ini di antaranya: menghasilkan alumni hafidz dan hafidzah, melaksanakan Syiar Muktamar Muhammadiyah 2022, mensukseskan program tahfidz al-Qur’an yang dilaksanakan oleh LP2M PDM, mentradisikan al-Qur’an di sekolah, dan memberikan sertifikasi kepada siswa kelas akhir yang dapat digunakannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam kegiatan wisuda Tahfidz Akbar ini, 40 siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang terpilih untuk diwisuda telah melewati 3 proses kualifikasi dan standarisasi. yaitu : 1. Sekolah menunjuk tim untuk mensosialisasi, menyeleksi, dan memverifikasi para siswa/siswi yang hafidz; 2. Tim melakukan verifikasi kebenaran dan kualitas hafalan siswa untuk kemudian ditentukan dan diajukan nama-nama siswa ke tim tahfidz PDM, dan 3. Tim tahfidz PDM akan memverifikasi hafalan siswa dan kemudian menentukan nama-nama siswa yang berhak mendapatkan syahadah/sertifikat. Ananda Aufa Rahman Fauzan Al-fath dan Hana Kharidah menjadi hafidz terbaik dari SMA Muhi dengan total hafalan 10 dan 9 juz. Selain itu ada 2 ananda hafal 8 juz, 1 ananda hafal 7 juz, 3 ananda hafal 6 juz, 2 ananda hafal 4 juz, 3 ananda hafal 3 juz, dan ada 6 ananda yang hafal 2 juz. Selebihnya ada 21 lulusan SMA Muhi yang hafal 1 juz. Pelaksanaan acara wisuda ini dilaksanakan secara blended. Ananda yang hafal 1 juz mengikuti kegiatan wisuda dari rumah.

Kepala SMA Muhi Drs. H Herynugroho, M.Pd bersyukur atas pencapaian ini dan berharap kedepan prestasi ini bisa ditingkatkan. Menurut beliau, prestasi ini salah satunya didukung dengan keberadaan pesantren putra As – Sakinah SMA Muhi. Hal ini juga membuktikan bahwa lulusan SMA Muhi tidak hanya memiliki kompetensi akademik tetapi juga memiliki kemampuan dalam bidang al-Qur’an, yaitu tahfidzul Qur’an. Hal ini yang tentunya perlu terus didorong dan diwujudkan bersama-sama. Pada sesi terakhir diberikan tausyiah oleh Dr. Okrizal Eka Putra, Lc., M.Ag. yang menyampaikan pentingnya internalisasi nilai-nilai Qur’an kepada siswa/siswi. Harapannya dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk membentengi diri, keluarga, dan masyarakat di era distrupsi yang penuh tantangan.(Yusron Ardi Darmawan M.Pd)