Tinggalkan Tugas Sejak Tahun 2015, Brigpol Jhon Riupasa dan Brigpol Yohanes Efni Nani Dipecat dari Anggota Polri

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Brigadir Polisi (Brigpol) Jhon Riupasa dan Brigpol Yohanes Efni Nani, dua anggota Polres Timor Tengah Utara (TTU) dipecat tidak dengan hormat, sejak Senin (11/10/2021). Dua anggota Polri ini dipecat karena meninggalkan tugas tanpa kabar (desersi) berulang kali sejak tahun 2015.

Pemecatan dilakukan melalui upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) di halaman Mapolres TTU, yang dihadiri Waka Polres Kompol Herman Lona, Kabag Ops, para Kasat dan para Kapolsek serta seluruh anggota Polri di lingkup Polres TTU.

Upacara PTDH dilakukan secara in absensia (tanpa kehadiran) dua anggota yang dipecat.

“Peristiwa hari ini bertujuan untuk memberi contoh dan efek jera kepada seluruh anggota polisi agar tidak boleh melanggar kode etik sebagai anggota Polri. Sebab konsekuensinya pasti dipecat,” tandas Kapolres TTU, AKBP Nelson Filepe Diaz Quintas.

Dengan demikian, lanjut Kapolres TTU, segala tindak tanduk dan perbuatan apa saja di lingkungan masyarakat menjadi tanggungjawab pribadi dua mantan anggota Polri itu, dan bukan lagi menjadi tanggungjawab institusi Polri.

Sebelum dipecat, lanjut Kapolres TTU, pihaknya sudah berulang kali mendekati dua oknum anggota tersebut untuk bertugas kembali dan memperbaiki perilakunya. Namun tidak direspons dengan baik.

“Bahkan ada yang terus menerima gaji dan tunjangan. Padahal jelas-jelas meninggalkan tugas dan tanggungjawab sebagai anggota Polri,” ungkap Kapolres TTU.

Ia juga mengingatkan para anggotanya di yang bertugas di lingkup Polres TTU agar menghindari tindak-tanduk dan perbuatan yang melanggar kode etik hingga berujung pemecatan.

“Misalnya, jangan desersi, jangan menganiaya masyarakat, jangan pungli, jangan melakukan perbuatan asusila seperti selingkuh dan memperkosa wanita, jangan judi dan narkoba. Sebab itu pasti dipecat,” pungkasnya.

Foto : Upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) Brigpol Jhon Riupasa dan Brigpol Yohanes Efni Nani, di halaman Mapolres TTU, Senin (11/10/2021).