Perekaman e-KTP Bagi Pemuda, DispendukCapil Kota Kupang”Jemput Bola” ke Sekolah

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Bagi siswa SMA/SMK di Kota Kupang yang akan memasuki usia wajib memiliki KTP (di atas 16 tahun) pada tahun ini tidak perlu repot melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP). Mereka tak perlu izin meninggalkan sekolah untuk mengurus di kantor kecamatan maupun di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang.Pasalnya Pemerintah Kota Kupang melalui Dispenduk melakukan sebuah gerakan jemput bola dengan tema “Goes To School”.

Melalui gerakan ini, petugas Dispendukcapil Kota Kupang secara langsung mendatangi ke sekolah dalam memberikan pelayanan perekaman e-KTP di sekolah.

Seperti pada Sabtu (25/9), Dispendukcapil Kota Kupang melakukan perekaman e-KTP di SMA Katolik Giovani Kupang.
Plt. KadispendukCapil Kota Kupang, Angela Tamo Inya mengatakan kegiatan jemput bola ini merupakan kegiatan rutin DipendukCapil Kota Kupang dalam memenuhi target Pemerintah Kota Kupang dan Pemerintah Pusat, yang dimana akhir tahun 2021 perekaman e-KTP diangka 95 persen.

“Upaya yang kami lakukan ini untuk menuntaskan perekaman pemberian identitas kepada masyarakat sebagai wujud nyata pemerintah hadir ditengah masyarakat,”

Untuk Kota Kupang, target pencetakan e-KTP bagi masyarakat sudah mencapai 90 persen. Dan dari 90 persen tersisah 5 persen dimana 2 persen untuk wajib KTP bagi pemula diatas 16 tahun, sehingga DispendukCapil melakukan gerakan jemput bola ke sekolah untuk melakukan perekaman e-KTP.

Sesuai rencana jemput bola perekaman e-KTP bagi pemula akan berkelanjutan ke sekolah lain.Intinya kami akan sesuaikan dengan keadaanya untuk berupaya mengunjungi sekolah. Kesempatan itu, Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang belum memiliki identitas agar dapat melakukan perekaman e-KTP di DispendukCapil. Karena sebagai warga negara harus memiliki identitas. Karena ktp adalah dasar dalam semua pelayanan publik.

Kesempatan yang sama Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Katolik Giovani Kupang, Romo Stefanus Mau mengatakan kegiatan yang dilakukan ini bagaimana pemerintah kota melakukan pendekatan diri kepada masyarakat hingga sampai ke lembaga pendidikan. Kerena berkaitan dengan identitas anak sangatlah penting guna menunjukan sebagai warga negara Indonesia yang memiliki identitas yang jelas. Banyak kali masyarakat atau pelajar tidak terlalu memikirkan hal yang sangat penting ini.

“Banyak kali warga kita yang menyatakan warga negara Indonesia tapi tanpa identitas yang jelas.Kegiatan yang dilakukan oleh DispendukCapil Kota Kupang turun secara langsung ke sekolah ini salah satu pelayanan yang patut diberikan apresiasi karena telah mendekatkan pelayanan sampai ke sekolah,”katanya.

Untuk itu, Ia menyampaikan apresiasi kepada bapak Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore dan bapak Wakil Walikota Kupang , Hermanus Man, serta ibu Plt. KadispendukCapil Angela bersama semua petugas DispendukCapil Kota Kupang yang membantu pelayanan perekaman e-KTP di sekolah dalam melakukan perekaman identitas para siswa dan siswi pemula.(*)