Tim KKN-PPM UGM Kenalkan Investasi di Tanjung Bunga

Bagikan Artikel ini

Waibao, NTTOnlinenow.com – Kesadaran akan investasi sejatinya perlu dipupuk semenjak dini, terlebih kepada kawula muda yang kesehariannya tidak lepas dari gawai dan teknologi. Tim KKN-PPM UGM Unit Tanjung Bunga memulai langkah untuk mengenalkan dasar-dasar investasi kepada pemuda-pemudi yang ada di Desa Bahinga dan Desa Waibao, Kabupaten Flores Timur, Kecamatan Tanjung Bunga, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Mini webinar dengan tema “Memulai Investasi Tanpa Ribet Mikir” yang diadakan pada Jumat, 13 Agustus 2021, merupakan serangkaian program kerja Tim KKN-PPM UGM Unit Tanjung Bunga yang dibimbing oleh dosen Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, S.S., M.A., M.M., C.H.E., mini webinar ini diadakan untuk mengenalkan budaya berinvestasi selagi muda. Didasari rasa khawatir akan kurangnya pengetahuan anak-anak muda mengenai perlunya investasi, yang berakibat pada rasa takut dan enggan untuk memulai belajar berinvestasi.

Noviana Endah Candra Dewi, yang merupakan salah satu agen IPOTALENT sebagai satu-satunya narasumber pada mini webinar ini. Noviana membagikan pengalamannya dalam dunia investasi, mulai dari awal mula berkenalan dengan investasi, instrumen yang ia pilih, hingga bagaimana mengatur portofolio investasinya. Pembahasan diawali dengan alasan seseorang harus mulai berinvestasi, dilanjutkan dengan risiko dalam instrumen-instrumen investasi.

Menurut penjelasan Noviana, reksa dana merupakan instrumen yang disarankan untuk dibeli bagi peserta dengan toleransi risiko paling rendah, artinya ketika seseorang akan berinvestasi namun takut dengan risiko kerugian, maka instrumen yang paling tepat dibeli adalah reksa dana. Pembahasan dalam mini webinar ini juga mencakup bagaimana memulai investasi dengan pendekatan 3M (Money, Mind, Method), yaitu Money pertimbangan tentang kebutuhan dan keadaan finansial sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Mind pertimbangan tentang pola pikir investor sebelum memutuskan berinvestasi. Method pertimbangan mengenai strategi berinvestasi yang tepat sesuai preferensi masing-masing.

Mini webinar yang dihadiri oleh 32 orang ini, meskipun ditujukan untuk teman-teman di Kecamatan Tanjung Bunga, namun beberapa orang yang diwawancarai oleh pembawa acara banyak peserta yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini menandakan bahwa sudah adanya ketertarikan muda-mudi dari berbagai daerah untuk belajar mengenai pengelolaan keuangan khususnya dalam hal investasi.

Menurut Noviana sebagai pengisi materi, respon peserta dalam acara ini sangat bagus karena berbagai pertanyaan yang dilontarkan saat sesi tanya jawab. Mereka menanyakan lebih lanjut tips dan trik memilih saham, lebih baik memilih saham BUMN atau swasta, dan berbagai pertanyaan lainnya. Sebagian peserta mini webinar ini juga menyampaikan harapannya dalam kuesioner penilaian khusus peserta, agar webinar dengan materi seputar investasi ini berkelanjutan.(Warda)