Andina Winantuningtyas Gantikan Hendrikus Frangky Saunoah, PAW DPRD Kabupaten Timor Tengah Utara

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Andina Winantuningtyas, A.Md resmi menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) di sisa masa jabatan 2019 – 2024 menggantikan Hendrikus Frengky Saunoah, S.E.

Pengucapan sumpah/janji PAW anggota DPRD Kabupaten TTU, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpusat di ruang Sidang DPRD TTU, Senin (26/07/2021) diikuti oleh Forkopimda, Instansi Vertikal serta OPD di lingkungan Pemkab TTU.

Ketua DPRD TTU, Hendrik Frederikus Bana,S.H mengatakan pengucapan sumpah / janji ADPRD TTU hasil Penggantian Antar Waktu merupakan bagian dari proses demokrasi yang harus dilalui sesuai mekanisme peraturan perundang – undangan yang berlaku.

“Peristiwa hari ini merupakan sejarah pribadi yang perlu dicatat dan diingat dalam menjalankan tugas sebagai ADPRD TTU”, ungkap Hendrikus Bana dalam menyampaikan pidato pelantikan.

Kepada ADPRD terlantik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Andina Winantuningtyas. Ketua DPRD, Hendrikus Bana meminta, agar momentum pelantikan dirinya dijadikan makna tersendiri bagi seluruh masyarakat TTU.

“Jadikanlah momentum hari ini sebagai makna tersendiri bagi seluruh masyarakat kabupaten TTU untuk beberapa waktu ke depan, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD sebagai unsur dan mitra penyelenggara pemerintah daerah agar dilaksanakan dengan baik dan tuntas”, pinta Bana.

Sosok seorang perempuan, Andina Winantuningtyas dalam gedung DPRD TTU lanjut Hendrikus Bana, sebagai pemecah rekor karena mampu bersaing dengan anggota DPRD lainnya.

“Kehadiran ibu Andina sebagai pemecah Rekor, dimana seorang perempuan mampu bersaing dan terpilih menjadi ADPRD TTU. Ibu Andina sudah sah menjadi anggota DPRD TTU. Dengan menjabat sebagai wakil rakyat, wajib menempatkan dan menjembatani aspirasi dan kepentingan masyarakat TTU. Karena keberadaan di dalam ruangan yang terhormat ini, atas dukungan suara rakyat”, pinta Bana.

Sebagai pimpinan DPRD TTU, Hendrikus Bana mewakili Lembaga DPRD TTU berharap, ibu Andina bisa menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan masyarakat teristimewa dengan pimpinan dan anggota DPRD dan juga diharapkan dapat mengikuti dinamika internal DPRD dan dinamika Eksternal masyarakat TTU.

Sementara, Bupati TTU Juandi David diawal sambutannya, memberikan ucapan selamat kepada Ibu Andina Winantuningtyas yang telah resmi menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten TTU.

“Kepada ibu Andina Winantuningtyas yang baru saja diambil sumpahnya, saya mengucapkan selamat menjalankan tugas dan semoga dapat menjalankan amanah rakyat dengan sebaik – baiknya”, ucap Bupati Juandi.

Bupati Juandi berharap dengan sudah lengkapnya jumlah keanggotaan DPRD dapat menumbuhkan semangat yang semakin tinggi serta dapat lebih meningkatkan peran dan fungsi DPRD untuk mengantarkan dan mengartikulasikan kebutuhan serta dinamika masyarakat TTU.

“Lengkap, jumlah ADPRD TTU sekarang ada 30 orang dan akan semakin memperkuat jalannya roda pemerintahan hari ini”, kata Bupati Juandi.

Ia mengatakan, pelantikan yang baru dilaksanakan itu juga merupakan perwujudan, kepercayaan masyarakat untuk mengemban amanah, tugas dan tanggungjawab sebagai wakil rakyat dan anggota DPRD. Selain itu juga merupakan bagian dari masyarakat TTU yang diyakini dan dipercaya mengetahui dan memahami secara baik, apa yang menjadi aspirasi dan kebutuhan masyarakat TTU.

“Atas nama Pemerintah Daerah, sekali lagi kami menyampaikan proficiat kepada Ibu Andina semoga segera menyesuaikan dengan rekan – rekan ADPRD yang lain dalam upaya meningkatkan kinerja DPRD”, tandas Bupati Juandi.

Dalam kesempatan menyampaikan sambutannya, Bupati Juandi juga mengajak untuk sama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pelaksanaan PPKM darurat agar lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Mudah – mudahan melalui upaya yang serius dalam menjalankannya, perkembangan Covid 19 dapat dihentikan dan segera berakhir, ” pungkasnya.

Tak lupa, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten TTU, Bupati Juandi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Hendrikus Frengky Saunoah dan keluarga yang telah mengabdi sebagai anggota DPRD.

“Pemerintah Daerah Kabupaten TTU mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya atas curahan tenaga dan pikiran bapak Hendrikus Frangky Saunoah selama mengabdi menjadi anggota DPRD Kabupaten TTU”, ucapnya mengakhiri sambutan.

Diketahui, Hendrikus Frengky Saunoah telah mengundurkan diri dari jabatannya saat ditetapkan sebagai pasangan calon peserta Pilkada 2020.

Pantauan NTTOnlinenow.com, Pengucapan Sumpah/Janji ditandai dengan Penandatanganan SK dan Penyematan Pin DPRD Kabupaten TTU kepada Anggota DPRD Kabupaten TTU PAW, periode 2019 – 2024, Andina Winantuningtyas, A. Md.

Foto : Penyematan Pin DPRD Kabupaten TTU kepada Anggota DPRD Kabupaten TTU PAW, periode 2019 – 2024, Andina Winantuningtyas, A. Md.