Bus Rapid Transit Akan Dialihkan Untuk Disewakan

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Sebanyak lima unit Bus Rapid Transit (BRT) kini dialihkan untuk disewakan kepada masyarakat dengan tarif Rp500 ribu per hari, untuk rute dalam kota, dan luar daerah disesuaikan dengan jarak tempuh.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere, kepada wartawan di Balai Kota Kupang.

Bernadinus Mere menjelaskan, lima unit bus yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan, bisa disewa oleh masyarakat. Bus ini juga dilengkapi dengan sarana yang nyaman, Bus VIP, Ac dan lainnya.

Mere menjelaskan, bus ini dapat di sewa oleh masyarakat untuk kepentingan pariwisata, duka dan lainnya.

Dia mengaku, awalnya memang bus ini diperuntukan untuk melayani masyarakat yang tinggal di daerah daerah Pinggiran, yang tidak dilalui oleh angkutan umum, melewati atau dengan rute universitas Nusa Cendana, Unika dan lainnya.

“Tetapi karena pandemi covid 19 sehingga bus ini tidak beroperasi karena tidak adanya penumpang. Ditambah lagi dengan fasilitas pendukung shelter yang tidak memadai, sehingga bus ini tidak bisa beroperasi jika beroperasi maka akan merugi,” katanya.

Dia mengatakan, penghasilan dari bus ini masuk dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dinas Perhubungan, pendapatan dan penerimaan lain-lain. Target pendapatan yang ditetapkan pada tahun anggaran 2021 sebesar Rp 50 juta.

Dia mengatakan, Dinas Perhubungan optimis untuk mencapai target yang telah ditetapkan dengan melakukan berbagai upaya yang kreatif dan inovatif untuk memenuhi target pendapatan daerah.(YM)