ToT Akupresur Hasilkan RTL dan Akan Implementasikan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kegiatan Training of Trainers (ToT) untuk menjaga kesehatan kondisi ODHa bagi Warga Peduli Aids (WPA), Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) dan Layanan Kesehatan resmi ditutup oleh Kabid PPM BP4D Boy Kali, Jumat (4/6/2021).

Kegiatan berlangsung sejak 31 Mei sampai dengan 4 Juni kemarin turut mengundang dua Fasiliator dari Kantor pusat CD Bethesda Yakkum Yogyakarta yakni Eko Rusmiati dan Wisnugroho dengan materi ToT masing-masing.

Pemkab Belu memberikan apresiasi kepada CD Bethesda Yakkum Yogyakarta melalui program kerjanya yang sangat positif, sangat membantu pemerintah daerah dalam penanganan ODHA dan mendukung kesehatan warga.

“Kami sangat apresiasi, ini ada beberapa NGO salah satunya CD Bethesda Yakkum Yogyakarta yang mendukung pemerintah dalam hal kesehatan. Mereka sekarang lagi mendukung program yang digenjot pemerintah dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Belu,” ujar dia.

Jadi, program CD Bethesda Yakkum ini sudah mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Belu bagaimana memanusiakan manusia yang sehat melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama ini.

ToT Akupresur Hasilkan RTL dan Akan Implementasikan

“Jadi untuk kegiatan-kegiatan ini sudah semantara kita buat RPJMD. Mudah-mudahan salah satu indikator masuk,” kata Boy.

Terpisah, Koordinator CD Bethesda Yakkum Yogyakarta cabang Belu Yosafat Ician mengatakan peserta telah memiliki ketrampilan dasar akupresur dan akan ditindaklanjuti dengan sosialisasi di lingkungan keluarga.

“Sudah ada Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang disusun masing-masing peserta untuk implementasi pasca TOT,” ujar dia.

Lanjut Ician, dengan implementasi RTL dan praktek yang rutin dan berkelanjutan, diharapkan mereka menjadi trampil dan bisa menolong tidak hanya keluarga tetapi bisa ODHA dan masyarakat ke depan.

“Membutuhkan proses dan waktu untuk menolong ODHA dan masyarakat. Perlu latihan rutin, bila terampil bisa menolong masyarakat,” tutup dia.