Kelompok Binaan Koramil 01 Kota Kembangkan Ternak Ayam KUB

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Usai kunjungan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak pekan lalu, kelompok ternak ayam KUB binaan Koramil 1605-01/Kota Atambua langsung mengembangkan lahan ternak ayam.

Pengembangan ternak itu dengan memanfaatkan lahan kosong milik Kodim 1605/Belu tepatnya di kompleks Koramil 01/Kota di Tirta, Kelurahan Fatukbot, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Hal itu disampaikan Ketua PSHT Cabang Belu, Ruben Tavares kepada media, Senin (21/12/2020) via telepon selulernya.

Menurut Tavares, sebagai warga masyarakat Belu dan juga sebagai tokoh orang mudah kami sangat berterimakasih pada pimpinan TNI dalam hal ini Pangdam IX/Udayana yang secara langsung datang dan meliahat situasi dan keadaan ekonomi kita di perbatasan Belu.


“Kemarin anak-anak sudah bersihkan lahan kosong di samping Koramil untuk beternak ayam KUB. Setelah itu pembuatan kandang dan pagar, tinggal masukan bibit ayam hari ini,” terang dia.

Akui Tavares, sebagai organisasi dengan jumlah anggota yang banyak kami merasa terbantu dengan program yang di laksanakan oleh Pangdam Udayana. Karena dengan program ini bisa membantu ekonomi masyarakat dalam hal ini sala satu usaha ternak.

“Selain beternak, kami juga memotivasi anggota supaya ada kesibukan dan konsentrasi di usaha apalagi situasi Pilkada baru selesai, bisa saja anggota terpengeruh dengan situasi politik yang sampai saat ini di kalangan masyarakat masih sedikit pro-kontra antara pilihan,” ungkap dia.

Lanjut Tavares, kami fokus dengan kegiatan ini sehingga sibuk dengan usaha sekaligus mereka adik-adik atau anggota bisa mempunyai penghasilan. Selain itu juga akan dikembangkan di kalangan warga lainnya, agar bisa menambah penghasilan ekonomi.


Danramil 1605-01/Atambua, Mayor Kav Yatman menyampaikan proficiat kepada rekan-rekan dari PSHT yang telah menunjukkah keseriusannya dalam hal beternak ayam KUB dengan pembersihan lahan kosong yang dilakukan minggu kemarin.

“Kegiatan kemarin adalah tahap awal dalam rangka mempersiapkan kandang ayam yang rencananya akan dibuat oleh rekan-rekan PSHT di sekitar Makoramil 01/Atambua yang juga warga binaan Koramil,” ucap dia.

Lanjut Yatman, tidak hanya dari PSHT saja, bagi masyarakat lain yan ingin bergabung dalam kelompok ternak ayam KUB binaan Kodim 1605/Belu, PLH Danramil 1605-01/Atambua beserta kader dari Prabinsa yang telah dipersiapkan siap untuk mendampingi serta memberikan bimbingan dalam hal ternak ayam KUB tersebut

“Harapan saya, kesempatan baik ini, banyak diikuti oleh warga masyarakat sekitar dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Belu,” tutup Yatman.