‘Temuan’ Inspektorat Audit Dana Dinas Lingkungan Hidup Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Inspektorat Daerah Kabupaten Belu telah melakukan audit keuangan Dinas Lingkungan Hidup di masa Kepemimpinan Kepala Dinas Yohaneta Mesak.

Audit dana Tahun Anggaran 2019-Mei 2020 telah dilakukan sekitar bulan Juni lalu saat masa dinas Yohaneta Mesak sebagai Kadis berakhir menggantikan PLT.

Demikian Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Belu R. Th. Jossetiyawan Manek melalui Sekretaris, Nunik Widi Wahyuni, Kamis (08/10/2020).

Dikatakan, saat itu Pak PLT Dinas yang meminta untuk melakukan audit karena memiliki rasa tanggung jawab yang berat, sehingga perlu dilihat berapa realisasi penggunaan anggarannya.

Terhadap permintaan tersebut, Wakil Bupati Belu JT Ose Luan memberikan disposisi kepada pihak Inspektorat Daerah Belu untuk melakukan pemeriksaan keuangan pada Dinas.



“Prosesnya, setelah ada disposisi dari Pak Wakil, selanjutnya inspektorat membentuk tim untuk menindaklanjuti disposisi melakukan pemeriksaan khusus,” papar dia.

Jelas Nunik, dalam pemeriksaan tersebut tentunya ada tahapan-tahapan dimulai dari pengumpulan data, konfirmasi ke berbagai pihak dan yang terakhir expose penemuan.

“Kita menemukan beberapa kendala mengenai waktu berhubung salah satu pihak yang dikonfirmasi adalah mantan Kadis yang mana sudah pensiun. Tetapi sekarang semuanya sudah siap,” ungkap dia.

Akui dia, dalam pemeriksaan tersebut memang ada temuan. Namun soal temuan tersebut tidak bisa disampaikan berapa besar nilai keuangannya.

“Nilainya memang cukup besar. Tapi saya tidak bisa sebutkan karena tidak berwenang,” kata Nuniek.