Pemkot Kupang Siapkan 20 Ekor Sapi Untuk Hewan Kurban

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Kupang, Matheus Eustakhius mengatakan, Pemerintah Kota Kupang telah mempersiapkan hewan kurban untuk diberikan ke masjid-masjid di Kota Kupang. Untuk tahun ini Pemerintah menganggarkan lebih banyak dana untuk membeli sapi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sebanyak 20 ekor sapi dengan berat minimal 250 kilogram akan diserahkan sehari sebelum perayaan Idul Adha, dan setiap Mesjid akan diberikan satu ekor sapi.

” Pemerintah akan menyerahkan bantuan hewan kurban sehari sebelum hari raya Idul Adha,” kata Matheus kepada wartawan di Kupang

Sebanyak 20 masjid ini, kata Eustakhius ditentukan melalui penarikan undian, karena banyaknya masjid di kota Kupang. Sehingga dipandang perlu ada perhatian dari pemerintah lewat sistem tarik undian agar tidak menimbulkan kekecewaan. Mekanismenya lewat tender dengan anggaran Rp250 juta.



“Karena bantuan tidak disiapkan sesuai jumlah masjid yang ada, penentuan masjid mana yang mendapat bantuan hewan kurban, dilakukan melalui penarikan undian,” ujarnya.

Menurutnya, Sapi dari Pemerintah Kota Kupang akan diserahkan di masjid Al-Ijtihad, Nurul Hikmah, Al-Mutazam, Darussalam, Darul Hijrah, Mujahidin, Al-Fatah, Urul Asmi, Nurul Wathan, Nur Musafir, Al Mu’awanah, Nurul Yaqin, Nurul Huda, Al-Hidayah, Al-Mutaqien, Al-Fitrah, At Taubah, K H Ahmad Dahlan, Nurul Quwwah dan Masjid Babul Janah.

“Selain hewan kurban dari Pemerintah Kota, Pemerintah Provinsi juga menitipkan sembilan ekor sapi untuk masijd di kota Kupang.Tujuh masjid ditentukan oleh Pemerintah Provinsi dan dua masjid dari Pemerintah Kota Kupang, yaitu Al Ikhlas Bonipoi dan Nurul Ikwah,” ujarnya.

Ia mastikan tidak ada ada pendobelan pembagian sapi di masjid-masjid. Sedangkan hewan kurban bantuan dari Presiden RI akan diserahkan ke Masjid Al Baitul Qadim Airmata. Rencananya hewan kurban ini akan diserahkan oleh pejabat di 22 titik. (NTT-YM)