Pemkot Kupang Terapkan Aturan Baru Penanganan Covid-19

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Drg Retnowati mengatakan, Pemerintah Kota Kupang, mulai menerapkan aturan baru dalam penanganan kasus Covid-19, dimana orang yang positif Covid-19 setelah dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium, tapi tanpa gejala atau asimtomatik tetap menjalani isolasi mandiri di rumah. Demikian juga bagi orang yang kontak erat dengan pasien yang terkonfimasi positif Covid-19 dan orang dari zona merah tetap dilakukan pemantauan selama 14 hari dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Jadi kalau penderita Covid-19 berdasarkan pemeriksaan laboratorium tanpa gejala, akan tetap menjalani isolasi mandiri dirumah,” kata Retnowati

Menurut Retnowati, isolasi mandiri selama 14 hari yang dijalani akan tetap dan selalu dipantau petugas kesehatan, jika ada gejala sesak napas, panas tinggi, batuk dan pilek segera melaporkan pada petugas yang memantau.



Retnowati mengatakan, Penerapan aturan baru penanganan kasus Covid-19 tersebut berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan nomor : HK0107/Menkes/413 tahun 2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang di dalam pedoman tersebut tercantum, apabila terjadi suspek yang pertama mendapat perhatian yakni orang dengan Infeksi saluran Pernapasan Akut, atau ISPA dan riwayat dari negara atau wilayah trasmisi lokal.

Menurutnya, Orang dengan salah satu gejala tanda ISPA dan riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 dan ISPA berat yang perlu perawatan rumah sakit, dan tidak ada penyebab lain dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction, atau RTPCR.

Hari pertama dan kedua, jika hasilnya ringan maka akan isolasi mandiri, kategori sedang di rawat di RS darurat second line, dan kategori berat akan di rawat di RS rujukan Covid-19.Penerapannya secara bertahap, mulai saat ini sementara disosialisasikan, penolakan pasti ada sehingga tiap puskesmas harus bertanggung jawab terhadap wilayah kerjanya. (NTT-YM)