Bupati Manggarai Instruksikan Dana Desa Untuk Penanganan Covid-19

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S. Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow. Com-Dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pembinaan dan Pengendalian Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020, Bupati Manggarai, Deno Kamelus, SH, MH perintahkan para Camat Se Kabupaten Manggarai segera memerintahkan pihak desa untuk memanfaatkan dana desa guna mencegah penyebaran covid-19 diwilayahnya masing-masing.

Instruksi itu tertuang dalam surat edaran Bupati Nomor 130/53/IV/2020. Tertanggal 3 April 2020.

Diantaranya, desa-desa yang telah menerima penyaluran DD tahap 1 (satu) untuk memanfaatkannya dalam bentuk kegiatan pola Padat Karya Tunai Desa (PKTD) melalui pengelolaan secara swakelola PKTD.

Desa-desa yang telah menyelesaikan APBDesnya, namun DD belum dicairkan dan tidak terdapat kegiatan dengan pola PKTD, harus segera melakukan perubahan APBDes dengan memasukkan dan menempatkan kegiatan dengan pola PKTD pada Tahap I.

Bagi desa yang belum menyelesaikan APBDes, harus segera menyelesaikan dan mencantumkan kegiatan dengan pola PKTD pada tahap I.

Pola PKTD diprioritaskan bagi anggota keluarga miskin, penganggur dan setengah penganggur, serta anggota masyarakat marginal lainnya.

Pembayaran upah kerja kegiatan dengan pola PKTD diberikan setiap hari.

Akan tetapi, mempertimbangkan situasi wabah Covid-19, pelaksanaan kegiatan dengan pola PKTD tetap dilaksanakan dengan ketentuan-ketentuan, seperti menerapkan jarak aman antara satu pekerja dengan pekerja lainnya minimum 2 (dua) meter, dan bagi pekerja yang sedang batuk atau pilek, wajib menggunakan masker.

Selain itu, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa harus ikut terlibat dan berperan aktif melakukan pendampingan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan dengan pola PKTD.