MEKAR Ekspansi Pembiayaan ke Luar Jawa, Gandeng KSP TLM di NTT Buka Peluang Kemitraan Dengan Koperasi Lainnya

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – 28 Februari 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru-baru ini mewajibkan penyelenggara fintech lending untuk menyalurkan sedikitnya 15% dari total pinjaman ke peminjam di luar Pulau Jawa pada 2020. OJK meyakini ketentuan ini akan meningkatkan angka inklusi keuangan di Indonesia.

Sebagai bentuk komitmen untuk memenuhi ketentuan OJK tersebut, PT Mekar Investama Sampoerna (MEKAR), penyedia layanan pinjaman P2P berizin, telah melakukan ekspansi pembiayaan ke provinsi Nusa Tenggara Timur dengan menggandeng Koperasi Tanaoba Lais Manekat (KSP TLM) sebagai mitra penyalur pinjaman. KSP TLM yang didirikan pada tahun 2006 memiliki 38 cabang yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota di NTT dan sebagian di Provinsi Sulawesi Tengah. Dengan adanya kemitraan ini, MEKAR telah menyalurkan lebih dari 1.100 pinjaman UMKM senilai lebih dari Rp 2,1 miliar melalui KSP TLM.

“Dengan terjalinnya kemitraan antara MEKAR dan KSP TLM akan membantu kami untuk melayani lebih banyak masyarakat pra sejahtera dan unbanked di desa-desa terjauh, khususnya di Nusa Tenggara Timur, dan mendorong inklusi keuangan bagi pelaku usaha mikro yang membutuhkan pendanaan,” ujar Pandu Aditya Kristy, Chief Executive Officer MEKAR, pada acara FinEast 2020 yang digelar pada 27-28 Februari 2020 di Hotel Aston Kupang, NTT.

FinEast 2020 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) diisi dengan pameran UMKM dan dihadiri oleh lebih dari 90 penyelenggara fintech lending. Acara ini diadakan dengan harapan terjalinnya kerja sama antara platform-platform pinjaman P2P dengan UMKM, bank-bank perkreditan rakyat (BPR) dan bank-bank pembangunan daerah (BPD), dan koperasi-koperasi lokal di NTT.

Penandatanganan MoU kerja sama antara MEKAR dan KSP TLM diselenggarakan sebagai bagian dari acara FinEast 2020 pada hari ini, 28 Februari 2020. Pandu mengatakan pihaknya berharap kemitraan serupa dapat terbentuk antara MEKAR dan koperasi lainnya maupun BPR/BPD di provinsi NTT dan daerah lainnya di kawasan timur Indonesia. “Kami sangat terbuka untuk bermitra dengan koperasi-koperasi simpan pinjam lainnya di NTT maupun di provinsi lain di Indonesia untuk menambah porsi penyaluran pinjaman kami ke luar Jawa,” tambah Pandu.

Berdasarkan data OJK, penyelenggara fintech lending memang paling banyak menyalurkan pinjaman di Pulau Jawa. Per Desember 2019, penyaluran pinjaman terbesar yaitu di DKI Jakarta sebesar Rp 25,09 triliun. Selanjutnya, Jawa Barat Rp 22,05 triliun, Jawa Timur Rp 8,89 triliun, Banten Rp 7,59 triliun, dan Jawa Tengah Rp 5,29 triliun. Ini berarti penyaluran pinjaman ke luar Pulau Jawa yaitu sebesar 14.32% dari total penyaluran pinjaman sebesar Rp 81,49 triliun.

Untuk memperluas jangkauan pembiayaan, MEKAR hingga hari ini telah bermitra dengan 17 koperasi simpan pinjam di berbagai lokasi di Indonesia. Koperasi-koperasi simpan pinjam yang menjadi mitra penyalur pinjaman di MEKAR membantu MEKAR dalam mencari pelaku usaha kecil yang membutuhkan pembiayaan usaha di berbagai provinsi di Indonesia, juga dalam menyalurkan pinjaman dan menagihkan pembayaran pinjaman. Berkat kemitraan tersebut, hingga Januari 2020, MEKAR telah memfasilitasi pendanaan lebih dari 63.600 pinjaman untuk pelaku usaha kecil di 146 kota dan kabupaten di 21 provinsi di Indonesia.

Pandu menegaskan bahwa MEKAR berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan layanan pinjaman P2P ke seluruh Indonesia. “Kami berharap bahwa MEKAR, sebagai fintech P2P lending yang fokus pada pendanaan usaha produktif, bisa terus tumbuh dan mendukung upaya AFPI, OJK, dan pemerintah RI memperluas manfaatnya sebagai salah satu penyelenggara dalam industri fintech lending,” tambahnya.

Tentang MEKAR

MEKAR (PT Mekar Investama Sampoerna) adalah perusahaan fintech yang bergerak di bidang peer-to-peer lending. Menggunakan sebuah platform online, https://mekar.id, MEKAR menghubungkan wirausahawan dan pemilik usaha kecil (UMKM) di Indonesia yang membutuhkan pembiayaan dengan lender/pemberi pinjaman yang ingin menumbuhkan uang mereka secara aman sambil menciptakan dampak positif secara sosial ekonomi dan lingkungan. MEKAR memiliki misi meningkatkan inklusi finansial bagi para pelaku UMKM Indonesia.