Selain Jaga Perbatasan Negara, Satgas Yonif R 142 Juga Berperan Jaga Kesehatan Warga

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ menggelar kegiatan bakti sosial kepada warga Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota, Kabupaten Belu, Jumat (10/1/2020).

Kegiatan bertempat di gudang PU meliputi pengobatan massal secara gratis, pembagian pakaian layak pakai merupakan rangkaian kegiatan Satgas dalam rangka menyambut HUT Batalyon Raider 142/KJ ke-67 yang akan diperingati pada 16 Januari 2020 mendatang.

“Kegiatan kita pada hari ini dalam rangka HUT Batalyon yang ke-67 pada tanggal 16 Januari nanti. Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi selain menjaga kedaulatan NKRI di Belu perbatasan dengan Timor Leste,” Wadansatgas Yonif 142/KJ, Kapten Inf. M. Riduan kepada media disela-sela kegiatan.

Dijelaskan bahwa, dalam satu minggu kedepan Satgas melakukan berbagai rangkaian kegiatan salah satunya adalah bakti sosial ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun Batalyon. Hari ini juga dilaksanan rangkain kegiatan ziarah, ke panti asuhan oleh personel di Mako Batalyon 142/KJ di Jambi.

Kegiatan ini lanjut Riduan, hanya sehari dilaksanakan di Kelurahan Manumutin. Selain ini akan dilaksanakan berbagai kegiatan di beberapa daerah sekitar perbatasan seperti Asulait dan lainnya.

“Tujuannya dan tidak lain bahwa Satgas kami juga berperan serta untuk menjaga kesehatan masyarakat di sekitar perbatasan. Kegiatan ini tidak hanya berjalan di sini di markas kami di Jambi juga kami laksanakan hal yang serupa,” terang dia.

Melalui kegiatan ini harapan kami masyarakat yang ada di sini bisa menikmati pelayanan kesehatan secara gratis yang disediakan oleh Satgas. Kami juga beri waktu pos-pos lain lakukan kegiatan seperti contoh pengobatan yang kita laksanakan, ada pelayanan khitanan gratis, pemberian sarana, penggalang pakaian yang layak pakai.

“Kemudian salah satu dua kegiatan perbaikan rumah dan pembuatan tempat sampah, pembersihan irigasi yang menjadi kebutuhan di musim hujan. Kehadiran kami ikut
berpartisipasi mensejahterakan derajat hidup dan kesehatan warga perbatasan,” pungkas Riduan.

Sementara itu, Camat Kota Vinsen Mau memberikan apresiasi dan terimaksih kepada Satgas Yonif 142/KJ yang peduli dengan kehidupan warga Manumutin melalui kegiatan baksos di bidang kesehatan dan air bersih yang dibagikan habis baksos.

“Kami sangat bersyukur sekali dengan bantuan Satgas karena membantu pendekatan pelayanan kesehatan dan air bersih. Karena di wilayah Manumutin sebagian besar kering, dan kegiatan hari ini sangat membantu,” ujar Vinsen.