Jhoni Bire: LPJ Bakal Dilengkapi Kamera CCTV dan Wifi

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Upaya pemerintah Kota Kupang untuk menciptakan Kota Kupang yang terang, sampai kini terus berjalan. Bahkan upaya itu diperkirakan dapat segera terwujud pada tahun 2017 ini, sehingga masyarakat Kota Kupang sudah bisa menikmatinya.

Selain itu, program Walikota Kupang Jefri Riwu Kota Kupang untuk mewujutkan Kota Kupang sebagai Smart City, maka setiap penerangan jalan akan dilengkapi dengan Kamera CCTV dan Wifi.

Kepada wartawan di Kupang, Rabu (4/10/17), Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Kupang, Jhon Bire mengatakan, sesuai intruksi Walikota Kupang Jefri Riwu Kore untuk menciptakan Kota Kupang yang terang benderang, maka pihaknya kini terus melakukan upaya pemasangan lampu-lampu jalan, khususnya pada wilayah yang belum memiliki lampu penerangan jalan, termasuk dengan melakukan perbaikan lampu-lampu jalan yang rusak atau dicuri orang.

Ia mengaku, untuk tahun 2017, sesuai rencana Kota Kupang akan mendapat tambahan lampu jalan tipe LED sebanyak 3000 sambungan, dengan total dana yang digunakan sebesar Rp.9 Miliar. Sebelumnya, di tahun 2016 lalu, pemerintah juga telah memasang sebanyak 3000 lampu jalan yang tersebar di 51 Kelurahan di Kota Kupang.

Khusus untuk rencana pemasangan lampu jalan tahun 2017, Jhon Bire mengaku, sampai saat ini belum dilakukan, sebab pihaknya masih harus berkoordinasi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) terkait hal tersebut.

Bire menjelaskan, khusus untuk pemasangan tahun 2017 ini, pihaknya akan fokus pada titik-titik yang belum memiliki lampu penerangan jalan. Pemasangan juga akan diprioritaskan terlebih dahulu pada wilayah-wilayah kelurahan yang sudah memasukkan permohonan lampu jalan ke pemerintah melalui Walikota Kupang.

Sedangkan untuk pemasangan lampu jalan tahun 2018, menurut Bire, juga sesuai instruksi Walikota maka pihaknya juga akan terus melakukan penambahan. Namun dalam penambahan lampu jalan tersebut, juga akan diintegrasikan dengan kamera CCTV serta layanan Wifi untuk internet gratis bagi masyarakat.

Dengan adanya penambahan lampu jalan yang dilakukan secara terus menerus, Bire berharap, masyarakat Kota Kupang dapat memanfaatkannya demi peningkatan keamanan dan ketertiban, khususnya bagi pejalan kaki di malam hari. Selain itu, lokasi yang terang secara gratis, juga diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membangun usaha dilingkungan sekitar, terlebih nantinya akan ditunjang CCTV dan Wifi gratis di tahun 2018 mendatang.

Terkait pemasangan lampu jalan, Bire mengaku, pekerjaannya tidak menggunakan jasa pihak ke tiga, sebab Bagian Umum Setda Kota Kupang sudah memiliki perlengkapan yang cukup lengkap termasuk mobil untuk pemasangan lampu.