Dua Unit PLN di NTT Meraih Sertifikat ISO Mutu dan Lingkungan

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Komitmen PT PLN (Persero) dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terbukti dengan PLN mendapat Sertifikat ISO 9001 : 2015 atau sistem Manajemen Mutu dan ISO 14001:2015 dan Sistem manajemen lingkungan. Sertifikat berhasil didapat dari Badan Sertifikasi Internasional yakni MSCS Indonesia_ JASANZ (Joint Accreditation System of Australia and New Zealand) oleh UP3 Flores Bagian Timur dan UP3 Sumba, seusai Perayaan Hari Listrik Nasional (HLN) ke – 74, pada Senin (28/10).

Pentingnya Sertifikasi ISO bagi perusahaan adalah untuk meningkatkan Mutu Produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan untuk dapat memastikan bahwa perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya, serta dapat memenuhi persyaratan perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk dan Jasanya.

“Selamat dan Sukses telah memperoleh Sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015 kepada PT PLN (Persero) UP3 Flores Bagian Timur dan UP3 Sumba, hal ini merupakan langkah awal menuju tahapan yang lebih berat yang terpenting selanjutnya meningkatkan proses kerja dan mutu kerja secara berkelanjutan dan berkesinambungan dan memperhatikan pengendalian dampak lingkungan yang terjadi” ungkap Akjamal Bambang selaku Direktur PT. Mitra Utama Sertifikasi.

Sementara itu, Made Hary Palguna, Manager UP3 Sumba mengatakan,” bahwa merupakan kebanggan bagi PLN UP3 Sumba sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015. hal yang terpenting saat ini adalah bagaimana kami bisa menjaga konsistensi implementasi pelaksanaan ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015, tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk menjadikan kegiatan ini sebagai budaya bukan sebagai perilaku yang wajib dilaksanakan, karena jika sudah menjadi budaya maka semua target yang tertuang dalam ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015, maka pastinya akan bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan kinerja perusahaan.”ungkap Made Hary

Senada dengan hal tersebut, I Made Arya Sukadana selaku Pejabat Pengendali K3L PLN UIW NTT menyampaikan, “Dengan terintegrasinya kedalam Perusahaan, maka Standar ini memberikan acuan kepada organsasi untuk melakukan upaya-upaya perbaikan berkelanjutan demi meningkatkan kepuasan pelanggan serta mengelola lingkungan dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. SML (Sistem manajemen Lingkungan) mensyaratkan perusahaan untuk mempertimbangan semua isu lingkungan yang relevan dalam operasinya seperti adaptasi perubahan iklim, serta penggunaan dan efisiensi sumber Daya.”ungkap Made Arya

Harapannya masyarakat berpartisipasi aktif dalam memberikan masukan dan saran ke pada pihak PLN agar kami selalu meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan rasio Electrifikasi di NTT. Tutup Made Arya.