NasDem Tak Buka Pendaftaran Pilkada Tiga Kabupaten

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Partai NasDem tidak membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk tiga dari sembilan kabupaten penyelenggara pilkada pada September 2020.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTT, Alex Take Ofong sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Senin (30/9/2019).

Alex Ofong menyebutkan, tiga kabupaten yang tidak dibuka pendaftaran adalah Manggarai Barat, Ngada dan Belu. Ketiga kabupaten itu langsung diberi rekomendasi kepada bakal calon untuk membangun komunikasi dengan partai politik lain guna memenuhi syarat minimal pengusungan pasangan bakal calon.

“Partai NasDem harus berkoalisi dengan partai politik lain, bukan hanya tiga kabupaten itu tapi juga kabupaten lainnya karena jumlah kursi tidak memenuhi syarat pengusungan,” kata Alex Ofong

Ia menyebutkan, bakal calon yang direkomendasikan untuk tiga kabupaten itu yakni pasangan Edistasius Endi dan Yulianus Weng di Manggarai Barat. Pasangan Helmut Waso dan Kornelis Soi di Ngada. Pasangan Agustinus Taolin dan Antonius Bele di Belu.

Alex Ofong menyampaikan, untuk enam kabupaten lainnya yakni Manggarai, Sumba Barat, Sumba Timur, Sabu Raijua, Timor Tengah Utara, dan Malaka tetap dibuka tahapan pendaftaran. Seluruh proses dan tahapan Pilkada mengacu pada Peraturan Organisasi (PO) Nomor 006.PO/DPP-NasDem/IX/2019 tentang tata cara penjaringan, verifikasi dan penetapan bakal calon kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah tahun 2020. Dengan demikian, tidak ada yang bergerak sendiri di luar dari aturan organisasi tersebut.

“Untuk menghadirkan pemimpin politik yang berintegritas dan merakyat, NasDem selalu memegang teguh prinsip politik tanpa mahar dan pendaftaran tanpa biaya dalam seleksi bakal calon bupati dan wakil bupati pada pilkada serentak 2020 di sembilan kabupaten,” tandas Alex Ofong.

Ia berargumen, Partai NasDem memprioritaskan kader untuk maju sebagai calon bupati dan atau wakil bupati. Selain itu, terbuka peluang untuk non kader partai yang bersedia menjadi kader partai. Namun NasDem tetap memperhatikan beberapa persyaratan penting dalam menentukan figur, seperti popularitas, kesukaan, akseptabilitas dan elektabilitas.

Ketua Bappilu DPW NasDem NTT, Alexander Ena meminta Ketua DPD sembilan kabupaten untuk segera membangun komunikasi politik dengan partai-partai yang berpeluang koalisi. Hasilnya disampaikan kembali kepada DPW agar bisa ikut membangun koordinasi dengan struktur partai di tingkat provinsi dan pusat.

Ia menambahkan, pendaftaran bakal calon akan berlangsung selama seminggu terhitung sejak 1 Oktober. Setelah pendaftaran dilanjutkan dengan survei oleh lembaga kredibel yang mendapat rekomendasi dari partai.

Tahapan pemaparan visi, misi dan strategi bakal calon dilaksanakan pada 24–31 Oktober 2019. Pleno tingkat DPD dan DPW pada 1–5 November 2019. Penyerahan berkas bakal calon ke DPP pada 6–8 November 2019 untuk selanjutnya mendapat keputusan pasangan bakal calon yang diusung.