Partai Pembuktian, Yoko atau Ikhsan ?

Bagikan Artikel ini

Frans Watu – Mantan Pemain PSK & Galatama.
Catatan Pojok El Tari Memorial Cup Malaka
NTTOnlinenow.com – Turnamen sepakbola zona Liga 3 PSSI Nusa Tenggara Timur (NTT) bertajuk El Tari Memorial Cup (ETMC), telah memasuki laga pamungkas. Partai puncak yang akan diselenggarakan di Lapangan Betun (24/7) akan mempertemukan Persemal Malaka vs Persamba Manggarai Barat.

Pertandingan nanti bisa dikatakan final ideal karena mempertemukan dua kekuatan sepakbola di NTT. Persamba merupakan finalis ETMC tahun 2013 mewakili daratan Flores, sedangkan Persemal Malaka yang baru tiga kali mengikuti ETMC mewakili daratan Timor. Pencapaian tertinggi Persemal adalah semi final di ETMC Maumere.

Duel Persemal vs Persamba di laga final ETMC 2019 seakan membuka kembali romansa persaingan dua kutup sepakbola Timor vs Flores. Persemal akan tampil dengan gaya kick and run ala Inggris, sedangkan Persamba dengan cirinya tiki taka ala Spanyol.

Johanes Yoko Jehanam diyakini akan menjadi pemain yang sangat diandalkan Persemal Malaka untuk mencetak gol di duel melawan Persamba Manggarai Barat. Pada laga terakhir melawan Persada, Yoko sempat mencetak dua gol ke gawang Persada Sumba Barat Daya, tentu Persemal berharap prestasi ini bakal terulang di malam nanti.
Jika Persemal memiliki Johanes Yoko Jehanam, maka Persamba juga memiliki sosok yang bisa menjadi mesin golnya yaitu Ikhsan Pamungkas. Sama seperti Yoko, Ikhsan juga sedang produktif dengan mencetak gol di laga semi final melawan Perse Ende.

Persemal diuntungkan karena bermain di kandang sendiri, dukungan suporter fanatiknya yang akan memenuhi lapangan Betun dapat menjadi motivasi tersendiri bagi pasukan Manu Meo julukan bagi Persemal Malaka. Pertemuan kedua tim ini sekaligus sebagai ajang pembuktian siapa yang striker terbaik diajang ETMC 2019 antara Johanes Yoko Jehanam (Persemal) dan Iksan Pamungkas (Persamba).

Partai ini menarik dan sangat dinantikan penggemar bola dan masyarakat Flobamora. Lascar Komodo Persamba Manggarai Barat punya kelebihan dalam memegang bola dan mampu mengendalikan irama permainan guna menghambat kecepatan Manu Meo Persemal Malaka. Sebaliknya Persemal bermain dengan mengandalkan direct football dan monoton dalam melakukan transisi menyerang.

Duel lini tengah akan menjadi menarik karena trio gelandang Persamba Abdul Hafid, Rahmad Saputro dan Galus Dwikurniawan, akan mendapat perlawanan dari Andro dkk dari Persemal. Pelatih Persemal Adrianus Bria Seran tentu akan mempertahankan permainan direct football dengan mengandalkan kecepatan Yoko sebagai target man. Sementara Persamba akan memainkan ball position dengan menurunkan tempo permainan. Perse Ende sudah merasakan bagaimana mereka akhirnya frustrasi dan berhasil mendikte permainan Perse, pupus harapan Perse untuk tampil di laga pamungkas.

Dengan pengalaman dan team work yang solid, prediksi saya trophy El Tari Memorial Cup tetap akan bertengger di Nusa Nipa Flores, Pasukan Komodo Persemal, Manggarai Barat akan menggondol Piala bergengsi di NTT dari Kota Ende menuju Labuan Bajo.
Penulis adalah Mantan Kapten Suratin Cup NTT, PSK Kupang di ETMC 1985, Liga Mahasiswa bersama ASMI Jakarta, Liga Galatama bersama Perkesa Mataram, Lampung Putra, Arema Malang.