Lagi, Satgas Yonmek 741 Resmikan Bedah Dua Unit Rumah di Batas RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/ GN, Mayor Inf Hendra Saputra, meresmikan bedah rumah milik Bapak Yeremias Mangka Teme (61) Isterinya Rosalina Keno (54) di Dusun Nelu, Desa Sunsea, Kecamatan Ibenu, Kabupaten TTU, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Kamis (28/3/2019).

Peresmian ditandai pengguntingan pita oleh Mayor Inf Hendra Saputra, didampingi Kepala Desa setempat. Turut hadir dalam seremoni peresmian bedah rumah tersebut, Kepada Desa Sunsea, Lusianus Tuametan, pemilik rumah Yeremias Mangka Teme, Para perwira Staf, Danki, Danton dan Danpos sekitar Pos Nelu. Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN.

Keterangan pers yang diterima media, Sabtu (30/3/2018) sebelumnya rumah tidak layak huni milik keluarga Yeremias itu berukuran 3×3 meter dan setelah dibedah menjadi rumah layak huni berukuran 4×5 meter lengkap 1 ruang tamu, 1 kamar tidur dan dapur.

Rumah yang diresmikan itu merupakan rumah kelima yang dibedah Satgas Yonmek 741 selama bertugas di wilayah perbatasan. Bedah rumah dilaksanakan oleh 8 orang anggota Pos Nelu dibantu masyarakat sekitar dengan lama pengerjaan 14 hari sampai waktu peresmian.

Kepala Desa Sunsea Lusianus Tuametan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bedah rumah ini sangat baik dilakukan, selain tepat sasaran mengingat kondisi Bapak Yeremias yang kakinya cacat sejak kecil memang perekonomian yang bersangkutan juga sangat layak mendapatkan perhatian.

“Walaupun bapak Yeremias memiliki 3 orang anak merekapun harus menempel dengan saudara untuk bisa makan. Saya selaku perwakilan Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih dengan apa yang sudah dilakukan Satgas Yonif Mekanis 741/GN,” ujar Lusianus.

Sebelum melaksanakan Bedah Rumah Personil Pos Nelu dibantu masyarakat memperbaiki jalan menuju dusun Nelu agar Material bisa dibawa keatas. Karena melihat kondisi jalan yang mendaki dan rusak. Perlu diketahui juga untuk menuju tempat peresmian Anggota Satgas yang langsung dipimpin oleh Dansatgas sengaja berjalan kaki sejauh 8 kilo meter melewati medan yang cukup berat karena jalan mendaki untuk merasakan bagaimana kesulitan masyarakat Dusun Nelu.

“Kami melakukan ini tidak ada unsur Politik dan maksud lain, jadi tolong jangan kaitkan apa yang kami lakukan ini dengan Politik. Tidak ada sama sekali karena kami Netral dan yang kami lakukan hanya demi Kemanusiaan. Ketika kami melihat saudara kita harus dibantu pasti kami bantu. Bapak dan Ibu sekalian yang ada di tempat kami tugas adalah orang tua kami. Kami hanya meminta doa dari untuk kesehatan dan kelancaran tugas kami,” pinta Dansatgas Hendra.

Sebelumnya di tanggal 12 Maret lalu, Satgas Yonmek 741 juga telah meresmikan rumah ke empat yang dibedah milik Bapak Hironimus Mauk dan keluarga di Kota Biru, Desa Alas, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka.

Dari target 12 rumah yang dibedah, dua rumah masing-masing di 3 Kabupaten yang menjadi wilayah tugas kami, yaitu Kupang, TTU dan Malaka yang telah diresmikan yakni di Napan Bawah dan Aplal, Kabupaten TTU dan 1 unit lagi di Laenmanen, Malaka telah diresmikan.

Sedangkan 4 unit rumah lagi akan segera rampung dan dijadwalkan akan diresmikan pada awal bulan April mendatang.